Sengketa Tapal Batas Sumbawa-KSB Berakhir - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 03 April 2018

Sengketa Tapal Batas Sumbawa-KSB Berakhir

Wakil Pemda Sumbawa, Sumbawa Barat dan Pempro Photo Bersama di Pal Batas

Sumbawa Besar (Sumbakini)--Sengketa tapal batas antara Kabupaten Sumbawa dengan Sumbawa Barat, Selasa (3/4/18) siang berakhir.

Pemerintah kedua kabupaten yang berpisah sejak tahun 2003 lalu ini, sepakat menerima keputusan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permen Dagri) nomor 123,tahun 2017 tentang batas wilayah Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Bersama team penentuan tapal batas pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, kedua pihak sepakat menempatkan pal batas di perbatasan antara desa Labuhan Mapin Sumbawa, dengan desa Poto Tano Sumbawa Barat, diposisi  8 DERAJAT 31.43783 DETIK LINTANG SELATAN,  116 DERAJAT 52.21302 BUJUR TIMUR. Pal batas ini berada pada kilometer 86 dari arah sumbawa menuju Poto Tano.

Sedangkan batas wilayah antara desa Mapin Kebak dengan desa Kokar Lian, disepakati titik nol berada di tanjakan Samarekat, pada koordinat, 8 DERAJAK 32. 54900 DETIK LINTANG SELATAN, DAN 116 DERAJAT 53 MENIT, 300 DETIK BUJUR TIMUR.

Menurut , Karo Pemerintahan Pemprov NTB, H. Wirajaya Kusuma, pada hari ini pemerintah Provinsi NTB bersama pihak Pemda Sumbawa dan Sumbawa Barat, menindak lanjuti Permendagri 123, untuk menentukan pal batas kedua wilayah tersebut.

"Pal batas kedua wilayah ini sesuai dengan Permendagri nomor 123 tahun 2017" ujarnya.

Sedangkan menurut Camat Alas Barat, H Junaidi, penentuan wilayah laut, saat ini masih menunggu keputusan Dirjen Kemendagri.

"Belum ada keputusan Permendagri yang mengatur batas wilayah laut," akunya.

Artinya, belum ada ketetapan siapa yang berhak atas kawasan pulau Kalong dan batasan laut lainnya.

Pemasangan patok batas ini sempat memanas, karena wakil dari pemerintah Sumbawa dan Sumbawa Barat sempat beradu argumentasi di lapangan, terkait redaksi berita acara yang dibuat oleh team tapal batas provinsi. (cep)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com