Jendral TNI Bintang Dua Sebut Desa Sebagai Pertahanan Bangsa - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Kamis, 19 April 2018

Jendral TNI Bintang Dua Sebut Desa Sebagai Pertahanan Bangsa

Mayjen TNI Ilyas Alamsyah (Nomor 4 dari kiri)

Sumbawa Barat, (Sumbawakini)--Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki  batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat yang diakui dalam negara kesatuan republik indonesia.

Untuk itu, desa harus dikuatkan rasa persatuan dan kesatuan, serta sarana dan prasarana pendukung dalam menunjang kesejahteraan rakyatnya.

 TNI melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang telah dicanangkan semenjak tahun 1980 lalu, merupakan salah satu upaya dalam mempercepat pembangunan infrastruktur pedesaan yang nantinya akan mampu menunjang  atau meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan serta  keutuhan bangsa.

 "Dengan kita membangun desa sama halnya dengan kita mempertahankan keutuhan bangsa, karena desa adalah merupakan sasaran utama dari musuh dalam memecah belah bangsa". ungkap ketua Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) PJO TMMD Mayjen  TNI Ilyas Alamsyah dalam sambutanya pada acara kunjungan ke lokasi TMMD desa Ai Kangkung Kecamatan Sekongkang Rabu 18 April 2018.

Dikatakannya, disamping membangun sarana imprastruktur, dan penyuluhan formal, diharapkan agar seluruh anggota TNI dapat membaur  dengan masyarakat dalam kesehariannya. Karena dengan cara demikian kita dapat memberikan pencerahan dan penyuluhan nonformal  kepada masyarakat

"saya tugaskan kepada semua anggota TNI yang terlibat dalam kegiatan ini agar dapat tinggal dirumah warga, serta berkumpul bersama. Untuk lebih akrab agar terjalin rasa persaudaraan dan kekeluargaan.  hingga kegiatan ini berakhir, komunikasi antara TNI dan warga tetap terjalin". Harap  Jendral Bintang dua ini.

Sementara itu Dandim 1607 Sumbawa Letkol Arm Sumanto, S.Sos selaku Dansatgas TMMD ke 101 desa Aikangkung. Dalam sambutanya  memaparkan tentang program-program yang telah dilakukan pihaknya di lokasi seperti pembangunan Fisik dan Non Fisik "Kami telah melakukan  pembangunan infrastruktur serta memberikan penyuluhan - penyuluhan yang bekerjasama dengan Dinas terkait di Sumbawa barat," sebut  Dansatgas

Disamping itu, Dandim juga menyatakan,  pihaknya siap mempasilitasi masyarakat yang mau belajar untuk maju dalam memanfaatkan potensi SDA yang ada dan generasi  muda yang mau belajar dan menuntut ilmu dalam mengejar cita nya.
"Saya berharap kepada masyarakat dan  Generasi muda fotensial untuk dapat mengejar pendidikan lebih tinggi lagi, supaya padapulang untuk membangun desanya". harap Dandimdim

Sekretaris Daerah. Abdul Aziz, SH. MH, dalam sambutanya  menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya kepada jajaran TNI karena,  dengan anggaran yang minim mampu melaksanakan 8 aitem pekerjaan fisik dengan   kwalitas dan hasil pekerjaannya lebih baik.

"Kami di Sumbawa Barat memiliki visi untuk mewujudkan hak-hak dasar masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan dan pembangunan Imprastruktur, dengan mengedepankan prinsip gotong royong," ujar Sekda
Disampingnya itu, sekda juga menyatakan kalau KSB merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang memberikan seluruh warganya untuk mendapatkan jaminan kesehatan nasional. " Kita kabupaten pertama yang  penduduknya dijamin dalam program BPJS," sebut sekda. (ken)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com