Kerbau Bupati Sumbawa Barat Juarai Harlah KSB - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Senin, 20 November 2017

Kerbau Bupati Sumbawa Barat Juarai Harlah KSB



Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Bintang Triji - nama pasangan kerbau kerapan milik bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin MM berhasil keluar sebagai juara pada event berapan kebo dalam rangka memeriahkan Harlah KSB ke-14 yang berlangsung di Desa Sapugara-Bree, Kecamatan Brang Rea, Ahad (19/11) kemarin.

Keberhasilan pasang kerbau berwarna hitam itu raih pada kelas bergengsi atau special engine yang mempertemukan kelas dewasa dan tunas.

Bintang Trijie berhasil menyingkirkan pesaing beratnya dengan kecepatan 11.00. Sedangkan Bintang Iklan-saingan beratnya lari dengan kecepatan 11.38. Pasangan kerbau itu pun berhak mendapatkan satu unit sepeda motor.

Sedangkan tiga sepeda motor di 'gondol' oleh Kabupate Sumbawa. Diantaranya, kelas O dan Harapan diraih oleh Mahadewa asal Desa Ai Puntuk Kecamatan Moyo Hilir, Kelas TK A dan TK B diraih oleh Bintang Lestari asal Desa Pungkit, Kacamatan Moyo Utara terakhir kelas Formula dan Cilik diraih oleh Gesek Janda, asal Desa Olat Rawa, Kecamatan Moyo Hilir yang berhasil mengalahkan pasangan kerbau tuan rumah, Lady Gaga asal Desa Sapugara-Bree dengan selisih kecepatan dua angka. Gesek Janda 13.15 sedangkan Lady Gaga 13.17.

Ketua Harian organisasi berapan kebo yang diberi Gabungan Pencinta dan Penggemar Budaya Berapan Kebo (GP2B2K), Sarimin SH mengatakan event berapan ini merupakan satu diantara agenda tahunan pemkab Sumbawa Barat bersama GP2B2K memeriahkan harlah daerah.
Sarimin menyerahkan hadiah kepada joki pemenang barapan kebo

Sarimin menjelasakan, dari tahun ke tahun,khusus untuk event ini, panitia memasang hadiah menarik. Diantaranya paket Umroh, Sepeda Motor hingga Hand Tractor. Namun, pada pelaksanaan tahun 2017 ini, panitia memasang hadiah menarik yaitu empat buah sepeda motor, empat ekor sapi dan beberapa hadiah menarik lainnya.

Ditegaskan Sarimin hadiah menarik itu sengaja dipasang untuk merangsang para peternak atau pemilik hewan lebih giat dalam merewat hewannya termasuk memberikan multiplayer player effect yaitu nilai ekonomi-mendongkrak harga jual beli kerbau.

"Saat ini saja, harga satu ekor kerbau karapan mencapai puluhan juta. Itu baru satu ekor saja. Kalau satu pasang, bisa mencapai ratusan juta rupiah," terangnya.

Selain itu, tandasnya budaya ini juga menjadi sarana untuk mempererat silaturrahmi antara Kabupaten Sumbawa dengan Kabupaten Sumbawa Barat.

"Insya Allah, tahun depan akan lebih meriah lagi," janjinya.

Pantauan media, kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh RI 35 yaitu Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono bersama para Dirjen pada kementrian terkait didampingi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Kajari Sumbawa, Paryono, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan S. Ik, Plt Kepala Dinas PU KSB, Amar Nurmansyah ST dan rombongan lainnya.  (jon*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com