Kapal Berbobot 21 Grosston 'Tes Drive' di KSB - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Kamis, 02 November 2017

Kapal Berbobot 21 Grosston 'Tes Drive' di KSB


Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Satu unit kapal laut fiberglass dengan berat bobot 21 grosston mulai 'tes drive' uji coba di perairan poto tano, Kecamatan Poto Tano, pekan lalu dengan melakukan penangkapan ikan perdana di seputar perairan selatan bagian sumbawa.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir. H. Mansyur Sofyan melalui Kepala Bidang Kelautan, Noto Karyono S. Pi., M. Si membenar hal tersebut.

Ia menjelaskan, kapal tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Kapal tersebut diserahkan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBe) nelayan dari Program KeLuarga Harapan (PKH) di Poto Tano. Bantuan tersebut diberinama KM Mina Maritim 015. Kapal tersebut juga didesign untuk mengarungi lautan lepas dan layak untuk mengeksploitasi sumberdaya kelautan perikanan tangkap wilayah selatan pulau sumbawa.

Noto menerangkan, kapal dengan bobot mati 21 grosston itu dilingkapi dengan alat tangkap gilnet milinium kurang lebih 40 piece yang panjangnya mencapai 1.200 meter. Adapun hasil tangkapan yang diharapkan ialah, jenis ikan pelagis besar seperti tuna, cakalang dan juga tongkol.

"Pada penangkapan ikan perdana, nelayan kecil ikut dilibatkan untuk memberi pengetahuan tentang tata cara penangkapan ikan menggunakan gilnet millenium," ujarnya.

Kabid Noto menambahkan, tidak hanya KM Mina Maritim bantuan Kementrian Kelautan dan Perikanan dengan bobot grosston. Tetapi, ada juga KM Inkamina yang bobotnya lebih besar dari KM Mina Maritim mencapai 34 grosston.

"KM Inkamina belum bisa diuji coba karena masih dalam tahap penyelesaian dokument," demikian Noto.

Untuk diketahui, KM Inkamina diberikan kepala KUBe PKH Artha Jaya, Desa Labuan Lalar, Kacamatan Taliwang dan KM Mina Maritim 015 diberikan pada KUBe PKH Nelayan Bersatu, Poto Tano. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com