Wow !!!, APBD 2018 KSB Satu Triliun Lebih - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Jumat, 27 Oktober 2017

Wow !!!, APBD 2018 KSB Satu Triliun Lebih

Dr. Ir Amry Rahman M.Si Asisten II Setda KSB

Sumbawa Barat, (Sumbawakini)--Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), tahun 2018 mencapai satu triliun rupiah lebih.

Pagu anggaran sebesar ini, sudah di sosialisasikan oleh pemerintah setempat kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Asisten II   bidang   Pembangunan dan Perekonomian   Sekretariat Daerah (Setda) Sumbawa Barat  Dr. Ir. H. Amry Rakhman M. Si, kepada media mengatakan, pembagian pagu anggaran sementara kepada masing-masing SKPD bertujuan mengukur pelaksanaan program yang ada.

Pemberian pagu tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya melakukan rasionalisasi anggaran yang selama ini dianggap tidak efektif.

Dengan cara seperti ini, program-program yang akan dilaksanakan nanti benar-benar  merupakan program prioritas yang sesuai sesuai kebutuhan daerah.

"Kita mengukur dengan pendapatan APBD 2018 yang berada pada angka Rp. 1,031 triliun, makanya kita bagi pagu anggaran ini untuk bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan dan program prioritas," sebutnya.

Kita harapkan, Tahun 2018 ini lebih baik dari tahun sebelumnya, dimana, belanja harus lebih epektif dengan maksimalkan program daerah, diantaranya, program kartu pariri, bariri, Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (SPM Dikdas) tetap akan diberikan porsi yang sama sekitar 10-30 persen dari total APBD.

Amri memaparkan, untuk Dinas pendidikan pemuda olahraga (Dikpora) belanja langsung di APBD tahun 2018 senilai Rp 37,8 miliar, Dinas kesehatan (Dikes) Rp 53,9 miliar, RSUD Asy Syifa Taliwang Rp. 21,9 miliar. Dinas pekerjaan umum (DPU) penataan ruang perumahan dan pemukiman (PRPP) hanya diberikan anggaran sekitar Rp. 147,4 miliar, Kantor persatuan bangsa politik dalam negeri (Kesbangpoldagri) Rp. 1,3 miliar, Dinas satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Rp. 2, 6 miliar. Dinas Sosial (disos) Rp. 3,1 miliar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rp. 1,7 miliar. Dinas pemadam kebakaran (DPK) Rp. 1,4 miliar, Dinas tenaga kerja dan transmigrasi (Nakertrans) Rp. 3,1 miliar, Dinas pengendalian penduduk keluarga berencana pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (DP2KBP2A) Rp. 2,9 miliar termasuk Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Rp 3, 5 miliar, Dinas lingkungan hidup (DLH) Rp. 5,9 miliar, Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Rp 3,2 miliar, Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) Rp 8, 2 miliar. Dinas Perhubungan (Dishub) Rp 6,2 miliar, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Rp. 3,7 miliar, Dinas Koperasi perindustrian dan perdagangan (Disperindagkop) Rp 8,6 miliar, Dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) Rp 2,7 miliar, Dinas kearsipan dan perpustakaan (Arpusda) Rp 1,7 miliar. Dinas Kelautan dan perikanan (DKP)      Rp 7,6 miliar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Rp 5,6 miliar, Dinas pertanian perkebunan dan peternakan (DPPP) Rp 27, 3 miliar, Sekretariat Daerah (Sekda) Rp 26,6 miliar, Sekwan Rp 9,3 miliar, Kantor Camat Taliwang   Rp 3,3 miliar. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com