Ratusan Pasang Kebo Berapan Ramaikan Harlah Desa Tamekkan - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Senin, 23 Oktober 2017

Ratusan Pasang Kebo Berapan Ramaikan Harlah Desa Tamekkan

Bupati KSB Dr HW Musyafirin melepas balon keudara tanda dimulainya lomba Barapan Kebo


Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Sebanyak 360 pasang kerbau karapan ramaikan lomba  barapan kebo  di Desa Tamekkan, Kecamatan Taliwang Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Minggu 22/10/2017).

Barapan kebo dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) desa Tamekkan yang ke-8 ini,  tercatat sebagai salah satu lomba barapan kebo dengan peserta terbanyak dan diikuti oleh kerbau-kerbau penyandang gelar juara dari Sumbawa Barat dan Sumbawa, seperti,  pasangan kerbau Bongkar Mata Ano  Desa Ai Nunuk, pemegang gelar juara festival pesona moyo 2017. Mega Bintang, Intan Baruwa milik Bupati Sumbawa Barat, Bajak Laut, Pesawat hingga Lonceng Cinta.

Kepala Desa Tamekkan sekaligus ketua pelaksana, Yulhaidir dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut bukan semata-mata untuk memeriahkan hari ulang tahun saja, tetapi berapan ini kita jadikan sebagai sarana untuk mempererat dan memperkuat tali silaturrahmi antar sesama tau samawa.

Bukan hanya itu, kegiatan ini merupakan bukti nyata dan komitmen pemerintah Desa Tamekkan melestarikan budaya sekaligus khazanah warisan leluhur.

Yulhaidir menegaskan, harlah Desa Tamekkan ke-9 tahun 2018 mendatang, pemerintah desa akan memasang hadiah yang lebih menarik.

"Ini untuk merangsang agar semakin banyak lagi penggemar berapan dan budaya ini tetap terjaga," terangnya.

Pantauan media, meski dibawah terik matahari, tidak menyurutkan semangat penonton untuk menyaksikan event itu.

Hadir ikut menyaksikan kegiatan, Ketua GP2B2K sekaligus Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin MM, Ketua Harian GP2B2K Sarimin SH, Camat Taliwang, Fauzi S. Pd dan Kabid Kebudayaan, Abdul Razak A. Md dan ratusan warga penggemar barapan kebo dari Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Pada kesempatan itu, Bupati menyempatkan diri melepas balon sebagai tanda ucapan pemberian ucapan selamat ulang tahun dan memberikan sumbangan sebesar Rp 10 juta untuk panitia berapan.

Pada event tersebut, panitia memasang hadiah menarik untuk diperebutkan. Diantaranya, dua unit sepeda motor, kipas angin, mesin cuvi, bercover dan kain sarung.

Bupati Sumbawa Barat dalam sambutan singkatmya mengatakan adat budaya harus kita jaga dan lestarikan.

Ia juga mengapresiasi kehadiran peserta dari Kabupaten Sumbawa yang ikut berpartisipasi pada agenda tersebut terutama ibu-ibu yang ria riuh dan membuat kegiatan semakin meriah.

"Terima kasih. Semoga tali silaturrahmi ini menjaga keutuhan kita sebagai warga tanah samawa," tutupnya.
Kades Temekkan  Yulhaidir (Baju biru langit) Menyerahkan hadiah kepada pemilik kerbau juara
Adapun peraih dari sepeda motor tersebut ialah, Balong Kedadik -Kerbau asal Desa Tepas, Kecamatan Brang Rea keluar sebagai juara di kelas 1,2,3 dan 4 yang berhasil mengalahkan Goda Mata - kerbau asal Desa Tepas juga.

Dikelas, 5.6.7 dan 8 diraih oleh Naga Puspa - kerbau asal Desa Kuken Kecamatan Moyo Utara. (jon*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com