Produksi Padi KSB Ditargetkan 5,5 ton Perhektar - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Rabu, 04 Oktober 2017

Produksi Padi KSB Ditargetkan 5,5 ton Perhektar

Marlin Hardi Plt Kadis Pertanian Perkebunan dan Peternakan KSB

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menargetkan angka panen minimal 5,5 ton perhektar pada Musim Tanam I yang berlangsung pada akhir tahun 2017 hingga awal tahun 2018 mendatang.

Hal tersebut dilontarkan oleh Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan KSB, Marlin Hardi pada media, Rabu (4/10) saat diwawancarai diruang kerjanya.

Marlin Hardi menjelaskan, nawacita tersebut meningkat dari dua tahun sebelumnya yang hanya mampu finish pada angka panen 5,1 perhektar.

Selain meningkatkan target panen atau produksi, luas angka tanam juga di proyeksi akan ikut bertambah. Untuk musim tanam I ini saja, tandas Plt Kepala Dinas Pertanian itu target positive tanam mencapai 12.428 Ha. Sedangkan selama tahun 2015 dan 2016 mencapai 19.160 Ha.

"Ini baru musim tanam I saja. Kalau musim tanam II bergulir, tidak menutup kemungkinan akan ada lonjakan angka tanam padi sawah," imbuhnya.

Untuk mendukung rencana tersebut, tambah Marlin Hardi pihaknya  dan pihak ketiga (mitra kerjanya) sudah menyiapkan pupuk sebanyak 5.762 ton. Pupuk tersebut berasal dari suplay provinsi sebanyak 900 ton, Pupuk subsidi sebanyak 3.468 ton. Pupuk yang dialokasikan bagi penerima kartu bariri tani sebanyak 1.398 ton. Dengan rincian, sebanyak 375 ton untuk Urea dan 1.023 ton untuk NPK.

"Semoga produksi padi terus meningkat, sehingga petani merasakan manfaat dari jerih payahnya mengelola lahan," pungkasnya. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com