Nasib Pulau Kenawa ada Ditangan tim KPH Sumbawa Barat - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Rabu, 04 Oktober 2017

Nasib Pulau Kenawa ada Ditangan tim KPH Sumbawa Barat

Mars Anugrainsyah S.Hut M.Si

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Pengelolaan pulau kenawa yang ada di Desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano hingga kini belum bisa katakan rampung. Pasalnya, pulau yang booming menjadi destinasi wisata itu masih terlihat jalan tempat atau tidak ada progress significant. Karena hingga detik ini, perusahaan pengelola yaitu PT Eco Solution Lombok (ESL) belum mengantongi Ijin Usaha Pemanfaatan Jasa Lingkungan (IUPJL) dari pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal tersebut dilontarkan oleh Kepala Bidang Ekonomi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang), Mars Anugrainsyah S. Hut. M. Si pada media, Rabu (4/10) pagi tadi.

Dikatakan Rein--akrabnya disapa, IUPJL bisa keluar jika design tapak yang disusun oleh tim KPH Sejorong Mataiyang Brang Rea itu sudah rampung. Sebab, pada design tapak tersebut mengatur secara detail bangunan dan juga jalan.

Kalau design itu sudah rampung, maka pemerintah provinsi langsung menindak lanjutinya untuk memproses dan selanjutnya dikeluarkan IUPJL.

"Kalau design tapak tidak rampung, IUPJL pun tidak akan bisa keluar," ujarnya.

Belum lama ini, tambahnya, tiga KPH Sumbawa Barat sempat memfasilitasi pertemuan yang turut dihadiri oleh Pemkab Sumbawa Barat dan juga Pemprov NTB. Dalam pertemuan tersebut, tim KPH mempersentasekan design yang berhasil mereka buat. Hanya saja, dalam pertemuan tersebut ada sedikit perbaikan. Misalnya, ada bangunan umum tapi masuk zona privat. Begitu juga sebaliknya. Ada zona privat tapi masuk ke zona umum.

Pada dasarnya, tandas Kabid Ekonomi kami berharap perbaikan itu segera rampung agar IUPJL segera keluar.

"Ketika IUPJL sudah keluar, maka ijin tekhnis lainnya akan mengikuti," demikian pria mantan Kepala Bidang Kehutanan KSB itu. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com