Dilirik Sejumlah Maskapai, Bandara Sekomgkang Mulai Diperlebar - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 03 Oktober 2017

Dilirik Sejumlah Maskapai, Bandara Sekomgkang Mulai Diperlebar

Ir. H Muslimin HMY, Kadis Perhubungan KSB

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat berharap, Bandar Udara (Bandara) yang terletak di Desa Sekongkang, Kecamatan Sekongkang dapat landing pesawat type ATR 72 dengan kapasitas 60-70 set. Pasalnya, Bandara saat ini hanya pesawat type Cessna Caravan C-208 dengan kapasitas set (penumpang. red) sebanyak 15-16 saja yang baru bisa mendarat.

Hal tersebut dilontarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan KSB, Ir. H Muslimin HMY pada media saat diwawancarai diruang kerjanya, Selasa (3/10) pagi tadi.

Ia mengatakan, untuk menunjang harapan tersebut, pemerintah KSB melalui Dinas Perhubungan bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu PT Amethys Utama membuat grand design atau master plan mengenai Rencana Induk Bandara (RIB).

RIB itu, sambung H. Muslimin menjabarkan bagaimana dampak dari keberadaannya. Apa dampak dan manfaat ekonomi bagi masyarakat, apa multiplayer effect bagi daerah dan beberapa aspek lainnya. Selain itu, dalam RIB itu juga diusulkan penambahan runway menjadi 1.500 karna saat ini runway sepanjang 750 x 22.

"Besok, perusahaan yang menjadi mitra pemda itu akan presentase dan meminta masukan dari pemda seperti apa yang pemda inginkan," ujarnya.

Ia menjelaskan, adapun potensi pangsa pasar dari pengembangan bandara yang sudah ter-register di Kementrian Perhubungan RI itu terdapat 33.505 orang yang terdiri dari berbagai status dan pekerjaan. Ada karyawan PT AMNT, TNI Polri, pengusaha, wisatawan, KPU DPRD Parpol, KP2KP dan Bank Taliwang hingga Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Data ini sudah kita inventarisir pada perusahaan sebagai bahan masukan," ungkapnya.

H. Muslimin mengakui, pihaknya telah membangun komunikasi dengan perusahaan-perusahaan penerbangan untuk bekerjasama memanfaatkan dermaga sekongkang itu. Hasilnya, sudah ada beberapa maskapai yang sanggup dan ingin masuk.

"Saat ini, kita menunggu saja keseriusan mereka," ujarnya. (jon)
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com