Aneehhh!!!, Ijin Jadi TKW ke Brunei, Tapi Nyantol di Abu Dhabi - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Kamis, 05 Oktober 2017

Aneehhh!!!, Ijin Jadi TKW ke Brunei, Tapi Nyantol di Abu Dhabi

Taufiq Hikmawan
Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Kasus yang terjadi pada pengiriman tenaga kerja seakan tidak ada hentinya. Baru ini, Sumarni - seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kecamatan Poto Tano ijin pada suaminya berangkat menuju Brunei Darussalam. Namun, belakangan diketahui berada di negara timur tengah, yaitu Abu Dhabi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melalui Kepala Bidang Pelatihan Produktiftas dan Penempatan Tenaga Kerja, Taufiq Hikmawan mengatakan, TKW maupun TKI yang berangkat ke 22 negar timur tengah diatas tahun 2015, diharamkan. Sebab, Pemerintah RI masih membekukan atau moratorium ijin TKW ke negara timur tengah.

Nah, terkait kasus yang terjadi pada Sumarni, tegas Taufiq pihak keluarga meminta perusahaan PT Abul Pratama Jaya yang memberangkatkannya untuk segera memulangkannya ke Indonesia. Sebab, yang bersangkutan terdaftar dalam aplikasi Elektronik Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (E-KTKLN) bekerja di Brunei Darussalam.

Taufiq mengakui, pihaknya belum lama ini sudah memanggil pihak perusahaan dan meminta klarifikasi terkait Sumarni. Dalam keterangan yang diberikan oleh pihak perusahaan, bahwa Sumarni meminta pada perusahaan agar dirinya dapat dipekerjakan ke Negara Timur Tengah.

"Walaubagaimana pun, itu tetap menyalahi aturan. Kalau terjadi apa-apa atau masalah, kita yang repot," ujarnya.

Taufiq menegaskan, pihaknya sudah memberikan ultimatum pada pihak PT Abul. Jika gagal memulangkan, maka nama perusahaan tersebut disarankan pada Kementrian Tenaga Kerja RI melalui Direktur penempatan dan perlindungan tenaga kerja luar negeri untuk memblack list sekaligus mencabut ijin operasinya dan dibarengi dengan alasan dan pertimbangan yang logis. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com