Kesbangpol KSB Minta BPK NTB Teliti Awasi Dana Parpol - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Senin, 11 September 2017

Kesbangpol KSB Minta BPK NTB Teliti Awasi Dana Parpol

Edy Sofyan Gole Kasi Ormas dan Orpol KSB

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Kantor Kesatuan Kebangsaan Politik Dalam Negeri (Kesbangpoldagri) Kabupaten Sumbawa Barat, meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan provinsi Nusa Tenggara Barat untuk teliti dalam mengawasi aliran penggunaan dana Partai Politik (Parpol), terutama yang dialokasikan untuk pendidikan politik.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kesbangpoldagri KSB, Drs. Muhammad Saleh yang didampingi oleh Kepala Seksi Fasilitasi Organisasi Masyarakat dan Organisasi Politik (Ormas dan orpol), Edy Sofyan Gole pada media, Senin (11/9) pagi tadi.

Untuk diketahui, parpol diseluruh Indonesia mendapatkan bantuan dana dari pemerintah kabupaten/kota. Nah, 60 persen dari dana bantuan tersebut untuk pendidikan politik.

"Sejauh ini, Kesbangpol tidak pernah dilibatkan dalam kegiatan pendidikan politik yang dilakukan oleh partai, sehingga sulit untuk mengawasi," ujarnya.

Kepala kantor Kesbangpoldagri cukup menyayangkan hal tersebut. Padahal, dibeberapa kesempatan telah disampaikan kepada semua parpol, bahkan berbicara langsung dengan pimpinan parpol di tingkat kabupaten, agar setiap agenda pendidikan politik pihaknya dilibatkan.

Ia mengakui, semua parpol sering menggelar agenda maupun kegiatan temu kader. Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah materi kegiatan itu berupa pendidikan politik atau tidak. Ini harus dipertegas.

"Itu alasan mendasar, mengapa kami meminta BPK untuk teliti dan jeli memeriksa dokument laporan keuangan partai," pungkasnya. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com