Terumbu Karang Seputar Gugusan Gili Balu Rusak - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 01 Agustus 2017

Terumbu Karang Seputar Gugusan Gili Balu Rusak

Pulau Paserang Sumbawa Barat

Akibat penangkapan ikan secara ilegal, terumbu karang di sekitar Gili Balu, Saumbawa Barat, mengalami kerusakan.

Kerusakan ini ditemukan dibeberapa lokasi, antara lain, bagian utara Pulau Kenawa hingga pulau Panjang, bagian selatan pulau Paserang dan bagian selatan pulau Lawar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Drs. Mansyur Sofian melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Agusman S. Pt, saat dikonfirmasi membenarkan hal ini. 

Menurutnya, kerusakan terumbu karang terjadi tiga tahun lalu, akibat penangkapan ikan ilegal, dengan menggunakan bahan peledak dan potasium.

Hanya saja, kerusakan ini mulai bisa diatasi setelah pemerintah membentuk Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Kelompok ini secara rutin melakukan patroli laut  untuk menutup ruang gerak nelayan nakal yang melakukan pengeboman dan penangkapan ilegal lainnya.


Minggu lalu Dinas melakukan pemantauan disekitar lokasi dan melihat terumbu karang mulai membaik.  "Beberapa spesies ikan mulai bermain sekitar kawasan tersebut," ungkapnya. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com