Pemprov NTB Suplay 900 ton Pupuk untuk KSB - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Rabu, 23 Agustus 2017

Pemprov NTB Suplay 900 ton Pupuk untuk KSB

Plt Kadis Pertanian Perkebunan Peternakan KSB, Marlin Hardi

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) akan mensuplay tambahan pupuk subsidi untuk Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 900 ton untuk menunjang kegiatan pertanian.

Hal tersebut dilontarkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Tanbunnak), Marlin Hardi pada media, Rabu (23/8) diruang kerjanya.

Menurutnya, Pemprov NTB mensuplay tambahan pupuk bagi KSB lantaran angka penyaluran atau daya serap petani terhadap kebutuhan pupuk mencapai 90,66 persen.

Berdasarkan persentase tersebut, tambah Marlin nama KSB termaktub atau sejajar dengan kabupaten lainnya di NTB yang angka serapan pupuk cukup maksimal. Sebut saja, Kabuten Lombok Utara (KLU) dan Kabupaten Bima.

"Tidak hanya KSB yang dapat suplay tambahan. KLU dan Kabupaten Bima juga dapat tambahan. Hanya tiga kabupaten dapat tambahan pupuk," terangnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya suplay pupuk tambahan dari provinsi, maka jumlah pupuk di KSB bertambah dan mencapai 4.364 ton yang sebelumnya dicanangkan hanya 3.468 ton saja.

Lebih jauh lagi Marlin menjabarkan, pupuk subsidi yang akan disuplay oleh Pemprov NTB pada KSB ialah, Urea, SP36, pupuk Zwavelzure Ammoniak (ZA), NPK dan pupuk organik.

"Tidak satu jenis pupuk saja yang akan disuplay," ungkapnya.

Mantan Camat Taliwang itu menegaskan, dengan adanya tambahan tersebut, maka diluar nalar jika di tanah Bumi Pariri Lema Bariri ini ada suara kekurangan pupuk.

Pupuk yang 4.364 ton itu, sebutnya diluar dari pupuk yang dialokasikan bagi penerima kartu bariri tani. Sedangkan jumlah pupuk untuk pemegang kartu bariri tani mencapai 1.398 ton. Dengan rincian, sebanyak 375 ton untuk Urea dan 1.023 ton untuk NPK. Artinya, kalau di kalkulasikan secara total, ada 5.762 ton pupuk di KSB tahun 2017 ini.

Untuk diketahui, Pemprov NTB mensuplay pupuk tambahan bagi KSB berdasarkan surat nomor: 521.33/1528/Dispertabun yang dikeluarkan provinsi dan ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas Pertanian NTB, Ir. Husnil Fauzi M. Si. (joN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com