DKP Tanam Seribu Bibit Mangrove di Desa Labuan Kertasari - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 29 Agustus 2017

DKP Tanam Seribu Bibit Mangrove di Desa Labuan Kertasari

Penanaman Bibit Mangrove di Desa Kertasari

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Sebanyak 1.000 batang bibit pohon mangrove ditanam oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat (DKP KSB) di teluk puyung satu, Desa Labuan Kertasari, Kecamatan Taliwang, Senin (28/8) kemarin.

Kegiatan peduli lingkungan tersebut diselenggarakan oleh DKP KSB bersama mahasiswa KKN dari Universitas Mataram (Unram), Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) tokoh masyarakat desa sekitar serta siswa Sekolah Dasar (SD) setempat.

Kepala DKP melalui Kepala Bidang Sumberdaya Kelautan dan Perikanan, Agusman S. Pt mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk peduli lingkungan, mencegah terjadinya abrasi pantai, menjaga kelestarian biota yang hidup disekitarnya serta menjadikannya media penilitian bagi dunia pendidikan.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut sengaja melibatkan anak-anak dari tingkat Sekolah Dasar (SD),  agar mereka mengenal dan mencintai lingkungan sejak dini. Gerakan kecintaan terhadap laut ini harus ditumbuhkan sejak dini dan dibutuhkan juga peran generasi muda.

"Mereka juga akan tumbuh dewasa dan menggantikan kita nantinya. Jadi, kegiatan ini diharapkan bisa memunculkan kesadaran dan kecintaan untuk menjaga," terang Agus.

Agus menambahkan, pihak desa juga berkomitment akan membuat kegiatan serupa menggunakan intervensi anggaran desa untuk melestarikan mangrove.

"Kami apresiasi terhadap nawacita pihak desa," ujarnya.

Sementara itu, Ani-warga desa setempat menyampaikan terima kasih pada Pemkab Sumbawa Barat atas gerakan tanam 1.000 pohon mangrove. Selain menjaga lingkungan, dirinya merasa terbantu dengan keberadaan mangrove di bibir pantai karena akan mempermudah dirinya mencari kepiting bakau, rajungan serta tiram untuk dijualnya. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com