Bupati KSB Serahkan 349 Unit Sanpan Nelayan - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Rabu, 16 Agustus 2017

Bupati KSB Serahkan 349 Unit Sanpan Nelayan


Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Sebanyak 349 unit sampan fiber plus mesin dengan kekuatan 6,5 PK diserahkan oleh Pemkab Sumbawa Barat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan untuk nelayan, Rabu (16/8) di Kecamatan Poto Tano, siang tadi.

Sarana tangkap untuk nelayan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Sumbawa Barat,    Dr. H. W. Musyafirin MM sebagai bentuk realisasi bantuan Bariri Nelayan Program Pembedayaan Gotong Royong (PDPGR).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKP, Zainal Arifin SP dalam sambutannya mengatakan, ada 943 bantuan untuk nelayan tahun 2017 ini. Jumlah tersebut terbagi dalam empat model kegiatan. Yaitu, bantuan sampan dengan mesin sebanyak 349. Kasko sampan laut model Fiber Glass sebanyak 84 unit, Mesin ketinting dengan kekuatan 6,5 PK sebanyak 128 unit dan kasko sampan lebo sebanyak 382.

"Alhamdulillah, sarana tangkap untuk nelayan ini satu persatu mulai kita berikan pada calon penerima bahkan sudah ada yang menikmatinya," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr. H. W. Musyafirin MM dalam sambutannya berharap, sarana tangkap yang diberikan dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan baik, agar umur pemakaiannya panjang.

Ia menambahkan, melalui sarana yang diberikan ini, nelayan dituntut untuk bekerja keras dan mampu memperbaiki ekonomi pribadi dan juga keluarga.

"Tidak hanya nelayan yang kita bantu, sektor lain seperti peternakan, pertanian hingga pelaku UMKM juga kita beri bantuan," tegasnya.

Bupati menegaskan, bantuan dan pemberdayaan pada masyarakat pesisir tidak akan berhenti sampai tahun ini saja. Tahun ini yang akan datang juga akan ada bantuan lain.

"Sarana akan kita berikan. Tapi, masyarakat harus mampu memanfaatkannya," terangnya.

Pantauan media dilapangan, selain penyerahan secara simbolis, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat memukul kendi sebagai wujud pelepasan sampan menuju air.

Selain itu, kedua orang tersebut dan rombongan mengecek cara pembuatan sampan yang bahannya berasal dari fiber didampingi manager tekhnis dari PT Kawi Eka Karya, Sumardi.

Tidak hanya penyerahan sampan, DKP juga menyerahkan sarana pengolahan ikan dan pemasar produk hasil perikanan. Berupa presser box, pada empat kelompok. Satu kelompok di Kecamatan Taliwang, Brang Ene dan Poto Tano.

Selain itu, DKP juga menyerahkan sarana angkut rumput laut bagi pelaku perikanan budidaya sebanyak 72 unit.

Sementara itu, penerima bantuan sampan plus mesin, Alfian asal Desa Sagena merasa puas dengan sarana tangkap yang diberikan Pemkab Sumbawa Barat. "Bantuan ini sangat membantu nelayan dalam meningkatkan taraf hidup para nelayan di Sumbawa Barat," ujarnya.  (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com