15 KUBe di KSB Dapat Bantuan dari Kemensos - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Rabu, 02 Agustus 2017

15 KUBe di KSB Dapat Bantuan dari Kemensos

Manurung S.Pd, Sekdis Sosial KSB

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Sedikitnya 15 Kelompok Usaha Bersama (KUBe) di Kabupaten Sumbawa Barat mendapatkan bantuan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia.

Kepala Dinas Sosial, Manawari S. Sos melalui Sekretaris Dinas Sosial, Manurung S. Pd mengatakan bantuan yang akan di berikan oleh Kemensos RI nantinya itu berjumlah Rp 300 juta melalui Direktorat Penanganan Fakir Miskin Perdesaan.

"Tiap kelompok mendapatkan Rp. 20 juta sebagai modal usaha," terangnya.

Sekretaris Dinas menjelaskan, uang bantuan tersebut nantinya akan ditransfer langsung oleh pemerintah pusat ke rekening tiap kelompok.

"Insya Allah, dalam waktu dekat bantuan tersebut segera di transfer setelah datanya di verifikasi," imbuhnya.

Manurung menambahkan, bantuan untuk KUBe Program Keluarga Harapan (PKH) pertama diberikan oleh Kemensos ke KSB sejak tahun 2016 lalu sebanyak 20 kelompok.

tahun 2016 lalu, KUBe PKH yang mendapatkan bantuan itu terpusat di Kecamatan Poto Tano. Sedangkan tahun 2017 ini ada di dua kecamatan, Yaitu Kecamatan Maluk dan Sekongkang.

"Sengaja di lokalisasi agar mempermudah monitoring dan evaluasi (Monev)," imbuhnya.

Kelompok yang mendapatkan bantuan tersebut akan di dampingi oleh tim Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) mulai dari pola penggunaan anggaran hingga keberhasilan kelompok.

Lebih jauh Sekdis Sosial memaparkan, setiap kelompok diberi kewenangan untuk mengelola dan memanfaatkan uang tersebut.  "Tahun 2018 mendatang, kita akan usulkan lagi untuk kecamatan lain,  agar pengentasan kemiskinan di KSB semakin cepat dan memberi dampak," tandasnya.

"Selain dari APBN, tahun 2018 mendatang, kami ,usahakan upaya pengentasan kemiskinan ada campur tangan atau intervensi APBD, pungkasnya. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com