Pemda KSB Tawarkan Lahan Untuk Lokasi Barapan Kebo - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 04 Juli 2017

Pemda KSB Tawarkan Lahan Untuk Lokasi Barapan Kebo


Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menawar lahan seluas tiga hektar pada organisasi Gabungan Perkumpulan Pencinta Budaya Berapan Kebo (GP2B2K) untuk pelestarian budaya berapan kebo.

Hal tersebut dilontarkan oleh Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Abdul Razak A. Md pada media, Selasa (4/7).

Ia menjelaskan, tanah tersebut merupakan bentuk tukar guling tanah organisasi berapan yang ada di Desa Serangin, Kecamatan Taliwang dengan luas kurang lebih dua hektar yang rencananya sebagai lokasi pembangunan markas Komando District Militer (Kodim).

Tanah yang ditawar sebagai bentuk tukar guling itu seluas tiga hektar dan lokasinya cukup strategis. Tepatnya di Karang Songa, Kelurahan Bugis, Kecamatan Taliwang.

"Ini tawaran pemda pada organisasi berapan. Yang jelas, tanah yang diserangin telah di survey oleh pihak TNI, bahwa lokasinya sangat cocok dan sulit untuk di ganggu gugat," ujarnya.

Pak Tun-akrabnya pria ini disapa menegaskan, pihaknya masih menunggu persetujuan dari organisasi berapan terkait setuju atau tidaknya rencana tukar guling itu. Sekali lagi kami tegaskan, lahan atau aset berapan yang di Desa Serangin itu pasti untuk Kodim.

"Kalau lahan yang kami tawarkan tidak di tolak, maka kami akan mencari lokasi lain sebagai ganti yang pas untuk itu," paparnya.

Lokasi Seluas Tiga Hektar Yang akan Ditawarkan Sebagai Arena Barapan Kebo
Kabid Kebudayaan memaparkan, jalan raya menuju arena berapan yang di Karang Songa saat ini terbilang sempit. Tetapi, Pemkab Sumbawa Barat komit akan memperlebar jalan menuju arena tersebut bahkan menjadikan dua jalur. Untuk mendukung rencana itu, pemkab akan merelokasi pemukiman warga Karang Songa ke tempat yang lain.

"Pak Bupati sudah mengetahui akan hal ini," terangnya.

Abdul Razak menambahkan, ada beberapa pertimbangan mengapa lokasi tersebut ditawarkan pada organisasi berapan. Diantaranya, dekat dengan sungai dan juga lokasinya mudah di jangkau serta tidak jauh dari perkotaan, pungkasnya.  (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com