Kamar Sultan Sumbawa Luput Dari Kebakaran - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Rabu, 12 Juli 2017

Kamar Sultan Sumbawa Luput Dari Kebakaran

Al'Quran yang ditemukan dalam kamar Sultan Sumbawa 

Sumbawa Besar, (Sumbawakini)--Kebakaran hebat yang meluluh lantahkan wisma pendopo bupati Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, menyisakan misteri. 

Dari seluruh bangunan istana Bala Puti yang terbakar, ternyata ada satu ruangan yang selamat dari kobaran api. Ruang ini ternyata kamar Sultan Sumbawa. 

Ruangan yang berada di bagian belakang istana Bala Puti ini, pada bagian dalamnya ternyata tidak tersentuh api. Seluruh benda yang berada dalam kamar ini, selamat, termasuk kitab suci Al'Quarn, yang ditemukan didalam bupet meja kamar. 

Kabag Humas Pemda Sumbawa, Lutfi Makki kepada sejumlah wartawan di TKP mengakui adanya keanehan tersebut. "Kamar tidur dan kamar mandi yang dahulu ditempati Sultan tidak ikut terbakar," sebutnya.  

Kata dia, beberapa saat setelah api benar-benar padam, petugas pemadam kebakaran bersama petugas lainnya menemukan salah satu ruangan yang sama sekali tidak tersentuh api.

Kepada sejumlah wartawan, Lutfi membantah adanya sejumlah pemberitaan yang menyebutkan, seluruh benda pusaka Kesultanan Sumbawa ikut termakar dalam musibah ini. "Seluruh benda pusaka tidak berada di wisma daerah," ujarnya.

Benda pusaka Kesultanan, tidak di simpan di wisma tapi berada di istana Bala Kuning, kediaman pewaris Sultan Sumbawa. 

Walau demikian, Dia tidak menapik, ada beberapa barang-barang kerajaan, seperti lemari, meja dan lukisan peninggalan Sultan yang ikut terbakar. "Ada beberapa benda bersejarah yang terbakar, diantaranya lukisan Lala Jinis," ujar Lutfi Makki. (cep)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com