Pengedar Uang Palsu di KSB Ditangkap di Lotim - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 20 Juni 2017

Pengedar Uang Palsu di KSB Ditangkap di Lotim

Barang Bukti Upal

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) --Polisi Sumbawa Barat, akhirnya berhasil menangkap dua orang pelaku pengedar Uang Palsau (Upal) yang meresahkan warga Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Pelakunya ternyata warga desa Wanasaba Lombok Timur berinisial ZA dan FZ. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku kini mendekam di sel tahanan Polres KSB.

ZA dan FZ di tangkap di wilayah hukum Polres Lombok Timur Minggu (18/6) lalu setelah diburu selama 10 hari.

"Kedua terduga pengedar Upal sudah kami tangkap, dan kini tengah diperiksa untuk pengembangan penyidikan," terang Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan S. Ik saat menggelar press realease di Mapolres KSB,  Selasa (20/6) pagi tadi.

Dua orang tersebut, terang Kapolres ditangkap atas kerjasama tim Buser Polres KSB dengan Tim Buser Lotim. Dari tangan tersangka diamankan uang palsu siap edar sebanyak Rp 51 juta terdiri dari pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu.

Sebelum di lakukan penangkapan, tersangka sempat tiga kali melakukan transaksi di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat tepatnya pada Kacamatan Taliwang dan Kecamatan Maluk. Saat beroperasi di Kecamatan Maluk dia melakukan jual beli emas.

"Setiap transaksi, keduanya selalu menyelipkan uang palsu. Misalnya, satu bundel uang Rp 1 juta, diselipkan beberapa lembar uang palsu," terang Kapolres.

Kapolres dengan dua melati di pundaknya menegaskan, keduanya terancam dijerat pasal 36 ayat 2 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2011 dengan hukuman minimal 10 tahun penjara.

Kapolres menghimbau, bagi warga yang hendak melakukan transaksi jual beli untuk jeli memperhatikan tekstur uang. Disarankan untuk tetap melakukan tiga D. Dilihat, Diraba dan Diterawang. Karena hal tersebut diyakini mampu membedakan uang asli atau palsu.

"Kalau ada yang mencurigakan, segera lapor polisi," pintanya. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com