Sudah 81,67 Persen Masyarakat KSB Nikmati Jaringan Air Bersih - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 23 Mei 2017

Sudah 81,67 Persen Masyarakat KSB Nikmati Jaringan Air Bersih

Masyarakat KSB Bikmati Ketersediaan Air Bersih

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat berhasil mencapai angka 81,67 persen dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait ketersediaan air bersih.

Data tersebut diperoleh dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016 lalu.

"Meski mendekati angka 100 persen, kami belum merasa bangga. Pasalnya masih ada beberapa yang belum terjawab kebutuhan air bersihnya," ungkap Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Amar Nurmansyah ST melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Yetty Andriani SE yang diwawancarai diruang kerjanya.

Tahun 2017, Dinas telah mengggarkan sebanyak 17 paket proyek untuk pembangunan Jaringan Air Bersih (JAB) dengan total anggaran mencapai Rp 3,676 milyar yang tersebar di berbagai wilayah. Tidak hanya untuk itu, dana tersebut juga digunakan untuk pembangunan reservoir baru di desa Mantar, kecamatan Poto Tano.

"Kami akan sentuh step by step daerah yang selama ini kekurangan air bersih," ujarnya.

Yetty menegaskan, pihaknya menargetkat tahun 2019 mendatang, tidak ada daerah terisolir yang kekurangan air bersih. Saat ini, sebutnya masih ada daerah yang belum menikmati Jaringan Air Bersih seperti Desa Rarak Ronges, Kecamatan Brang Rea, Desa Lemar Lempo, Kecamatan Sekongkang hingga Kiantar, Kecamatan Poto Tano.

Ia menambahkan, pembangunan jaringan air bersih merupakan upaya pemerintah dalam mendistribusikan air layak guna pada masyarakat. Selain itu, untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang biasanya selalu mengeluhkan air bersih saat muaim kemarau. Fenomena ini ibarat penyakit kronis yang harus di amputasi.

"Lewat JAB ini, kami bertekad tidak ada lagi masyarakat yang mengeluhkan ketersediaan air bersih," pungkasnya.(jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com