Peringati Hari Buruh, SBSI Sumbawa Barat Gelar Malam Renungan - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 02 Mei 2017

Peringati Hari Buruh, SBSI Sumbawa Barat Gelar Malam Renungan

Aksi Damai Buruh Sumbawa Barat


Peringatan hari buruh Internasional atau yang dikenal dengan May Day Senin malam (1/5/17), Sarikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar malam renungan di tugu syukur Taliwang.

Dalam aksi damai kali ini, para buruh mendesak  pemerintah memperhatikan nasib buruh dan menolak Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan dan harus dicabut karena tidak sesuai dengan UUK (Undang-Undang Ketenagakerjaan).

Unang Silatang dalam orasinya menyebutkan, Sumbawa Barat  adalah daerah yang sangat mengandalkan pertambangan sebagai ujung tombak perekonomian.

Berangkat dari berbagai isu PHK,  dengan alasan efesiensi  mulai menguat di Batu Hijau yang notabene perusahaan yang bergerak di sector pertambangan terbesar di Sumbawa Barat. "Dengan tegas  kami menolak dan melawan segala bentuk PHK sepihat  karena sangat bertentangan dengan aturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Unang.

Sementara itu, Jay Sakarici dalam orasinya mengatakan, semua perusahaan harus memberikan perlakuan yang sama terhadap buruh atau pekerja ataupun pada angkatan kerja, bukan membuat aturan sendiri diluar aturan undang-undang sehingga merugikan kelompok tertentu.

Maka dengan ini, kami nyatakan atas perlakuan terhadap angkatan kerja dan ataupun mantan pekerja yang selama ini telah diblaclist di PT AMNT (dulu PT NNT) harus dicabut, atau harus direhabilitasi namanya sehingga mempunyai kesempatan kerja yang sama untuk bekerja di Batu Hijau atau perusahaan lainnya. "Hal ini menjadi salah satu bentuk diskriminasi dan mempersempit lapangan kerja bagi kelompok tertentu," teriak Jay Sakarici.

Ketua SBSI Sumbawa Barat Zulkifli Bujir kepada SumbawaKini menolak tenaga kerja asing ilegal di berbagai daerah di indonesia. 

Dia mengigatkan pemerintah daerah agar mampu menutup ruang tersebut dengan melakukan pemantauan secara berkala pada sejumlah perusahaan yang beroperasi di kabupaten Sumbawa Barat.

Saat ini SBSI melalui DPP SBSI Federasi ASN tengah memperjuangkan kesejahteraan bagi tenaga kontrak daerah atau nasional. Untuk itu, sebagai bentuk solidaritas dan dukungan kami SBSI Sumbawa Barat atas upaya yang tengah dilakukan oleh DPP SBSI Federasi ASN tersebut, kami nyatakan dukungan penuh, dan siap bersinergis dengan melakukan advokasi bersama pegawai tidak tetap atau tenaga kontrak di Sumbawa Barat. "Inilah tujuan utama kami mengadakan Aksi renungan malam ,"ujar zulkifli. (dev)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com