Jelang Pilkada 2018, Satlinmas Dapat Pembekalan - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 16 Mei 2017

Jelang Pilkada 2018, Satlinmas Dapat Pembekalan

Pembekalan Satlinmas KSB

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Sebanyak 75 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) mendapat pembekalan dari Polisi Pamong Praja (Pol PP) Provinsi NTB, di Taliwang, Sumbawa Barat.

Pembekalan ini terkait tugas dan fungsi linmas terutama saat momentum penyelenggaraan pemilukada mendatang.  Kegiatan pembekalan itu berlangsung di kantor Pol PP KSB dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pol PP NTB, Drs. Lalu Dirjaharta M. Si.

Adapun pemateri dari kegiatan tersebut diantaranya, Kabag Ops Polres KSB, Kompol Edy Susanto S. Sos dan Plt Kepala Dinas Pol PP KSB, Agus Hadnan S. Pd.

Kepala Dinas Pol PP NTB yang diwawancarai usai kegiatan mengatakan, Linmas tidak hanya berperan sesuai Permendagri nomor 10 tahun 2009 tentang penugasan satlinmas pada penyelenggaran pemilukada saja. Tetapi diharapkan dapat berkontribusi lain diluar tugasnya seperti bersinergi dengan TNI-Polri dalam menjaga ketertiban umum di wilayah masing-masing. Hal ini di juga di perkuat melalui Permendagri nomor 84 tahun 2014 yang mengatur bahwa Satlinmas juga memiliki peran menjaga ketertiban di lingkungannya.

"Kami minta mereka dapat bekerja maksimal sesuai tuntutan UU," ungkapnya.

Dirinya menyarankan agar Satlinmas dapat di tempatkan tiap RT. Kendati demikian, perekrutannya tergantung kemampuan dan kemauan daerah setempat. Kalau Satlinmas ada di setiap RT, maka early warning (upaya pencegahan dini) - jika ada masalah di tengah ummat, dapat segera di atasi. Bukan malah menunggu masalah itu besar, baru di sikapi.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Dinas Pol PP menambahkan pihaknya siap memberdayakan anggota Satlinmas. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com