Besok, Warga Brang Rea Demo Management Proyek Bendungan Bintang Bano - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Senin, 08 Mei 2017

Besok, Warga Brang Rea Demo Management Proyek Bendungan Bintang Bano



Proyek Bendungan Bintang Bano Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Polemik ketenagakerjaan antara warga Kecamatan Brang Rea, kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat dengan  PT Brantas Abi Praya (Perusahaan BUMN-Red), perusahaan yang tengah mengerjakan proyek bendungan Bintang Bano, kembali memanas. 

Polemit antara warga dengan perusahaan terjadi akibat kekecewaan warga terhadap kebijakan management perusahaan yang lebih banyak mempekerjakan tenaga dari luar daerah ketimbang warga setempat.  

Atas kekecewaan ini,  Senin (8/5) besok, warga  kecamatan Brang Rea berencana akan menggelar aksi demonstrasi dengan turun kejalan, seperti yang dikatakan oleh Richard,  salah seorang koordinator aksi kepada Sumbawakini.com Minggu (7/5) malam ini.  

Menurut Richard, Rencana aksi turun kejalan akan melibatkan ratusan massa yang kecewa dengan PT Brantas yang lebih banyak mempekerjakan tenaga dari luar daerah, ketimbang tenaga kerja lokal. 

Perusahaan ini juga dianggap tidak tranfaran dalam hal merekrut tenaga kerja dan terkesan mengutamakan orang luar daerah. 

"Kami akan turun kejalan menuntut perusahaan agar lebih memperhatikan tenaga kerja lokal dan bersikap transparan dalam merekrut tenaga kerja," ujar Richard,

Kata dia, warga kecamatan Brang Rea berencana melakukan aksi demo di wilayah kecamatan Brang Rea, bukan di lokasi proyek. 

Adapun bentuk aksi demo yang akan dilakukan, koordinator aksi ini tidak bersedia menjelaskan lebih rinci. "Besok aja kita lihat apa bentuk aksinya," ujarnya. 

Sementara itu, Camat Brang Rea, Suryaman saat dikonfirmasi membenarkan adanya rencana aksi demonstrasi ini.  

Suryaman, Camat Brang Rea
"Kami sudah mendapat laporan tentang rencana aksi tersebut," kata camat muda yang akrab disapa Maman. 

Dari informasi yang kami peroleh, katanya pendemo akan melakukan aksi penghadangan kendaraan proyek.  Terhadap rencana ini, pihak pemerintah kecamatan bersama unsur lainya akan berusaha mengajak warga untuk tidak melakukan tindakan yang dapat menghambat pengerjaan proyek bendungan tersebut. 

Untuk itu, pihaknya akan meminta para pendemo menyampaikan aspirasi dengan cara berdialog. "Kami siap memfasilitasi antara warga dengan  management PT Brantas di aula di kantor camat Brang Rea," sebutnya.    

Menurutnya, langkah ini dilakukan agar warga bisa menyampaikan tuntutan mereka, dan pihak perusahaan bisa mendengar langsung apa yang menjadi harapan warga.  

Mungkin dengan pertemuan itu, apa yang menjadi polemik selama ini antara warga dengan perusahaan bisa dicarikan solusinya. 

Sebab, jika kondisi disharmoni seperti ini dibiarkan berlarut, dikhawatirkan berdampak pada pengerjaan proyek bendungan, dimana proyek ini sangat dibutuhkan oleh warga Sumbawa Barat.  

"Kami sudah mengundang pihak perusahaan untuk hadir besok di aula kantor camat Brang Rea," sebutnya. (cep/jon) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com