RSUD Sumbawa Barat Kekurangan Stok Darah - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Senin, 17 April 2017

RSUD Sumbawa Barat Kekurangan Stok Darah

Kepala RSUD Asy-Syifa KSB, dr. Karlof


Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy Syifa kabupaten sumbawa belum bisa memenuhi stok darah bagi keperluan medis pasienya.

Untuk setiap bulannya, stok darah yang ada jauh lebih kecil dari kebutuhan medis yang diperlukan untuk pasien, seperti yang dilontarkan oleh kepala  RSUD Asy-Syifa Sumbawa Barat, dr.Carlof kepada Sumbawakini.com, senin (17/4) pagi tadi.

"Kita butuh 90 sampai 100 kantong darah, setiap bulanya, sedangkan stok yang ada hanya  20 sampai 30 kantong saja," ujarnya.

Untuk memenuhi kekurangan Stock darah, pihaknya telah banyak turun langsung ke lapangan termasuk mengadakan kegiatan donor darah rutin pada saat kegiatan yasinan di kediaman Bupati Sumbawa Barat.

Dalam kegiatan itu setidaknya ada sekitar sepuluh sampai belasan kantong darah yang didapatkan setiap malam yasinan.

Selain pada saat yasinan, RSUD As-syifa Sumbawa Barat bekerjasama dengan sejumlah lembaga dan organisasi mahasiswa, seperti TNI-POLRI, Sat Pol-PP, dan HMI.

Walau demikian, dr carlof mengaku bahwa, saat ini masih minim sekali warga masyarakat yang mau mendonorkan darahnya, padahal, dari aspek kesehatan mendonorkan darah sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jadi, saat ini dibutuh kesadaran semua pihak agar donor darah bisa dijadikan gaya hidup. "Ada dampak positif apabila donor darah ini rutin dilakukan." ujar dr.Carlof (dev)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com