Isu PHK, Ribuan Karyawan PT AMNT Resah - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 18 April 2017

Isu PHK, Ribuan Karyawan PT AMNT Resah


Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Santernya isu Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), membuat para pekerja tambang emas dan tembaga di Batu Hijau Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat  resah.

Pasalnya, sejak beberapa minggu terakhir, isu ini santer menjadi bahan pembicaraan dikalangan karyawan PT AMNT. Mereka khawatir managemen baru (pengganti operator lama PT  Newmont Nusa Tenggara), bakal melakukan pengurangan karyawan secara besar-besaran.  

Apa yang menjadi kehawatiran mereka pun ternyata tidak hanya beredar di kalangan karyawan.  Pihak  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat sendiri, jauh-jauh hari telah menangkap adanya isu tersebut.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan (Hiwas), Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi, Sumbawa Barat, Drs. Zainuddin MM yang di dampingi Kepala Seksi Hubungan Industrial, Tohiruddin SH,  mengakui adanya isu tersebut.

"Kami sudah banyak menerima  aduan dan laporan dari sejumlah karyawan PT AMNT," ujarnya.

Zainuddin menuturkan, dirinya beberapa kali menerima laporan dari karyawan PT AMNT, ada yang melalui telepon, bertatap muka secara langsung, dan melalui pesan singkat (SMS). 

"Kami akan mencari kebenaran isu ini dengan  menanyakan langsung kepada PT AMNT," ungkapnya.

Jika isu PHK ini benar adanya,  pihaknya dalam hal ini Pemda tidak lantas begitu saja mengamini kebijakan itu. Pemerintah Sumbawa Barat akan melakukan analisa apakah  PHK itu layak atau tidak.

"Tidak serta merta perusahaan dengan mudah melakukan pemecatan, apalagi bagi putra daerah," sebutnya.

Ia berharap agar karyawan tidak terlalu resah, dengan isu tersebut dan meminta agar tetap bersabar sampai pihak pemda bertemu dengan pihak perusahaan.  "Pemda akan tetap memperjuangan seluruh nasib karyawan," pungkasnya. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com