Fraksi PAN Minta Sebagian Toko Modern di Tutup - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 25 April 2017

Fraksi PAN Minta Sebagian Toko Modern di Tutup

Muhammad Hatta, Ketua Fraksi PAN DPRD KSB

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) meminta pemerintah daerah menutup sebagian toko modern di KSB.

Permintaan ini dilakukan karena keberadaan toko modern dirasakan sangat berdampak negative terhadap ekonomi kecil menengah. 

Hal tersebut di sampaikan oleh juru bicara F-PAN, Muhammad Hatta saat membacakan pandangan umum fraksi terhadap penjelasan Bupati Sumbawa Barat tentang raperda usulan pemerintah daerah tahun 2017 yang berlangsung di Ruang Sidang DPRD KSB, Selasa (25/4).

Apa yang kami suarakan ini, berdasarkan laporan yang diterima fraksi bahwa masyarakat mengeluh dengan keberadaan toko modern.  Untuk itu, dirinya memandang perlu dibuat regulasi kongkret berupa Peraturan Daerah (Perda) toko modern. 

Dicontohkannya, setiap kecamatan di perbolehkan hanya satu atau dua toko modern saja dan tidak boleh lebih. Tujuannya, melindungi pemasukan pelaku ekonomi kecil dan menengah.

Ia mengaku miris melihat keberadaan toko modern yang kian menjamur seakan tak terbendung. Dalam satu kelurahan saja di dalam Kecamatan Taliwang, terdapat dua toko modern yaitu Indomart dan Alfamart.

"Kami akan dorong terbentuknya perda tentang kuota toko modern di KSB," ujarnya.

Dengan di tutup sebagian toko modern di kemudian hari, dirinya bertekad ingin menguatkan ekonomi kecil dengan goalnya, masyarakat mandiri.

"Langkah ini bukan dalam arti menghambat apalagi menggangu investasi," imbuhnya.

Politisi asal kelurahan Sampir itu menambahkan, jika perda tentang kuota retail toko modern sudah terbentuk, selanjutnya, pihaknya akan mengakomodir Ijin Usaha Toko Modern (IUTM). Sebab, dalam nomentlatur ijin tersebut, retail toko modern wajib memberdayakan UMKM lokal. 

"Kami minta pemda untuk mengattensikan itu," pintanya. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com