DLH Pantau Kegiatan Lingkungan Konstruksi Bintang Bano - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Jumat, 07 April 2017

DLH Pantau Kegiatan Lingkungan Konstruksi Bintang Bano

Trisman ST

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa Barat (DLH KSB) turun lapangan memantau aktiftas lingkungan terhadap masa konstruksi (pembangunan fisik) Bendungan Bintang Bano (BBB) di Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea, Kamis (5/4).

Kepala DLH KSB, Amir Husein ST melalui Kepala Seksi Pengkajian Dampak Lingkungan, Trisman ST mengatakan, pihaknya mengaku telah mengambil sampel air untuk di uji lab dengan tujuan mengetahui kadar dan baku mutu air. Apakah dari kagiatan pembangunan bendungan itu ada yang berdampak pada kerusakan lingkungan atau tidak terutama air ?

"Sampel air sudah kami ambil dan akan diuji di laboratium Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta," ujarnya.

Ia menambahkan, sambil menunggu hasil uji lab UGM Jogjakarta, pihaknya mengaku telah memberikan sumbang saran agar perusahaan jangan sampai teledor terutama aspek lingkungan.

Pada kesempatan kunjungan lapangan tersebut, pria yang pernah mengenyam pendidikan di kota Makassar memberikan saran kepada kontraktor, salah satunya, membangun dumping water sebagai wadah sekaligus mempermudah melakukan treatment (upaya penetralan) sebelum membuangnya ke air permukaan. Dengan harapan, air sudah dalam kondisi normal atau netral sesuai baku mutu ketika bercampur dengan air permukaan.

"Responnya positive. Mereka komit terhadap apa yang kami sarankan," ujarnya.

Trisman melaporkan prihal hasil kunjungan kerja lapangannya itu, belum di temukan tanda-tanda atau indikasi yang dapat merusak lingkungan.

Kendati demikian, DLH KSB intens melakukan pemantauan, karena bisa saja terjadi human error. Bukan untuk mengganggu apalagi mengusik pengerjannya, tetapi mengajak untuk dapat menjaga serta memperhatikan kualitas lingkungan dan jangan sampai merusak.

"Yang jelas, kami selalu mengawasi mereka," pungkasnya. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com