Satu Lagi TKW Asal KSB Meninggal di Abu Dhabi - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Rabu, 29 Maret 2017

Satu Lagi TKW Asal KSB Meninggal di Abu Dhabi

Taufiq Hikmawan

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW), Rina Khairunnisa (32) binti Rosnadi asal Desa Tepas Sepakat, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat di beritakan meninggal dunia di  Abu Dhabi.

"Kami menerima informasi ini, Senin (27/3) lalu dari Sudirman, suami korban,"  ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi H. Abdul Hamid melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Pelatihan dan Produktifitas (Penta-Lattas), Taufiq Hikmawan pada, Rabu (29/3).

Berdasarkan informasi dari Sudirman,  sambung Taufiq, pihak keluarga pertama kali mengetahui  korban meninggal dari agent PT Elshafah Adi Wiguna Mandiri untuk KSB, bernama Itok.
 
Almarhumah Rina berangkat ke tanah arab pada akhir Bulan Oktober 2016 lalu. "Itu keterangan suami korban yang di sampaikan pada kami," sebutnya Taufiq sambil mengatakan belum diketahui apa penyebab korban meninggal dunia.

Taufiq menuturkan, saat sang agent menyambangi rumah Almh Rina, dirinya meminta pihak keluarga untuk menyiapkan semua dokument untuk proses pemulangan jenazah. Seperti KTP dan surat-surat lainya.

"Sialnya, dokument atau surat-surat sudah diserahkan kepada si agent oleh suami tanpa sepengetahuan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Si agent lalu membawa dokument itu ke Kabupaten Sumbawa-kantor perusahaan itu," sesalnya.

Prihal pemulangan jenazah Almh Rina, Disnaker akan berkomunikasi dengan perusahaan yang memberangkatkannya, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Provinsi NTB, BNP2TKI di Jakarta, Kedutaan Besar (Dubes) Indonesia di Abu Dhabi sekaligus untuk memastikan benar tidaknya korban tadi meninggal.

"Kami kesulitan mengurus pemulangan apalagi ini terkesan ada permainan karena tanpa sepengetahuan kami sebagai pemerintah," ujarnya.

Kendati demikian, pihak tetap berupaya untuk memulangkan jenazah Rina dan menyerahkan kepada pihak keluarga.

"Walaubagaimanapun, dia bagian dari kami sebagai warga KSB," janji Taufiq.

Untuk diketahui, dalam sebulan terakhir ada dua TKW asal KSB yang meninggal di tanah arab, Mastiawan (49) yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas, dan yang sekarang atas nama Rina.(jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com