Pemerintah Diminta Hentikan Operasional Penambangan Tanpa Ijin - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Rabu, 15 Maret 2017

Pemerintah Diminta Hentikan Operasional Penambangan Tanpa Ijin


Salah Satu Tambang Galian C Yang Diduga Tidak Mengantongi Ijin

Sumbawa Barat, (Sumbawakini)-- Aparat kepolisian diminta mengambil tindakan tegas terhadap aktiftas 
galian C yang tidak mengantongi ijin.

Selama ini, banyak aktifitas galian C di Sumbawa Barat, yang ternyata tidak mengantongi ijin operasionalnya. Hal ini di akui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa Barat yang dilansir Sumbawakini.com belum lama ini. 


Salah seorang pentolan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barema KSB, Zulkarnaen, melalui Sumbawakini.com, meminta agar pihak pemerintah bersama aparat kepolisian segera melakukan penertiban terhadap aktifitas penambangan liar tersebut.

"Kami minta pemerintah dan aparat terkait melakukan penertiban aktifitas galian C tanpa ijin," ujarnya, Rabu (15/3) di Taliwang.

Kalau ada tambang yang sudah beroperasi dan baru mengurus ijin, itu menyalahi aturan. Dimana-mana, tegas Zulkarnaen, ijin dulu yang di urus baru bisa beroperasi.

"Pemda lelet ambil sikap. Sudah tahu tak berijin, tapi malah membiarkan dan menyarankan untuk segera urus ijin," terangnya.

Jika ada perusahaan melakukan aktifitas penambangan tanpa ijin, itu Illegal mining namanya. Pemerintah harus tegas menindak setiap perbuatan ilegal yang bisa merusak lingkungan, terlebih lagi, perusahaan seperti itu tidak memberikan kontribusi bagi daerah. 

Secara otomatis, perusahaan yang tidak memiliki ijin pasti tidak membayar pajak. Perusahaan seperti itu hanya ingin mengeruk keuntungan semata, tapi tidak memberikan manfaat bagi daerah. “Jelas tidak ada kontribusi untuk PAD,” sebutnya.

Untuk itu, Zulkarnaen meminta agar aparat terkait menghentikan sementara seluruh perusahaan yang melakukan aktifitas penambangan sampai memengan ijin lengkap. 

Dirinya curiga ada pihak-pihak yang bermain dibelakang layar hingga aktifitas ilegal tersebut tetap berlangsung. "Jangan-jangan ada oknum pejabat yang memback up perusahaan-perusahaan tanpa ijin," tudingnya. (jon)

Baca juga berita terkait  

http://www.sumbawakini.com/2017/03/lh-sebut-sejumlah-galian-c-tidak-miliki.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com