Mantar Masuk Dalam Event Tambora Menyapa Dunia - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Rabu, 08 Maret 2017

Mantar Masuk Dalam Event Tambora Menyapa Dunia

Ir. I Gusti Sumbawanto Kadis Budpar KSB

Sumbawa Barat, (Sumbawakini)---Sejak pertama kali digelar pada tahun 2015 lalu, acara memperingati 200 tahun meletusnya gunung Tambora,  kini menjadi agenda tahunan yang dikenal dengan sebutan Tambora Menyapa Dunia.

Acara yang dipusatkan di Doroncanga kecamatan Pekat, Dompu Nusa Tenggara Barat ini, oleh Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan RI, telah ditetapkan sebagai kalender tahunan bersekala Internasional.

Seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya, TMD selalu dikemas menarik dengan berbagai macam event wisata dan budaya yang ada di NTB.

Rupanya, event bertaraf internasional ini tidak disia-siakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat. Sejumlah agenda wisata dan budaya akan di gelar di tempat tersebut, seperti yang dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KSB, Ir. I Gusti Bagus Sumbawanto.

kata dia, berbagai kegiatan akan dilangsungkan di beberapa tempat di KSB. Desa mantar contohnya. Ribuan peserta event akan datang ke Mantar  mengkikuti rangkaian kegiatan TMD.

Dengan momen ini, Kata Sumbawanto, dapat dijadikan ajang promosi tempat-tempat wisata yang ada di KSB,  sebab, yang akan hadir nanti itu, bukan hanya peserta loba saja, tetap juga teman-teman asoaiasi travel dan agent (Asista).

"Kami harap mereka dapat membantu mempromosikan pariwisata Sumbawa Barat, ujarnya.

Sumbawanto juga menyebutkan, ada sejumlah  agenda yang digelar di Sumbawa Barat,  antaralain, tanggal 2 April digelar Berapan Kebo akbar dengan peserta sebanyak 300 pasang kerbau.

Keesokan harinya,  akan digelar eksebisi paralayang di desa Mantar diikuti oleh 100 atlet paralayang bertarap internasional. Tanggal 4 April seusai acara di Mantar, para peserta lari lintas Sumbawa sejauh 320 Km akan  turun ke Kota Taliwang dan menginap untuk satu malam di Hotel IFA.

Tanggal 5, atau hari terakhir berada di KSB, para peserta lari lintas Sumbawa akan dilepas didepan kantor Camat Poto Tano menuju garis finis di Doroncanga Dompu. 

"Semuanya sudah kita persiapkan dari sekarang,  termasuk penyambutan tamu menggunakan tarian khas sumbawa," papar Kadis Budpar itu.

Disinggung mengenai kamanan, transportasi dan kenyamanan peserta, Kadis Budpar menjawab, sudah di tanggung pihak Event Organizer (EO).

"Momentum ini juga kita gunakan untuk melounching Festival Mantar, dimana di dalamnya ada sejumlah kegiatan budaya dan lomba adat Samawa, seperti berapan kebo,"  ujar Sumbawanto. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com