Mahasiswa Lingkar Tambang Demo PT AMNT - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Rabu, 01 Maret 2017

Mahasiswa Lingkar Tambang Demo PT AMNT



Sumbawa Barat (Sumbawakini)--Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Himpunan Pelajar Mahasiswa Sekongkang (HPMS) mengelar aksi demonstrasi di pintu gerbang masuk tambang PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), Rabu 1 Maret 2017. 

Dalam aksinya, belasan pemuda ini menuntut pemerintah menutup operasional tambang emas dan tembaga yang berada di Batu Hijau, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat,  karena telah mencemari lingkungan. 

Perusahaan ini dianggap berbahaya bagi kelangsungan hidup warga sekitar lingkar tambang , karena air asam tambang dari perusahaan ini telah mencemari sungai hingga mengakibatkan matinya biota sungai.  "PT AMNT harus bertanggungjawab atas pencemaran ini," ujar mereka.

Ditengah terik matahari, para pendemo menolak adanya upaya negosiasi dari pihak perusahaan. Mereka tetap menuntut agar tambang Batu Hijau ditutup demi menghindari kerusakan lingkungan yang lebih parah.

Aksi yang dilakukan sejak pukul 10.00 Wita ini, berakhir hingga pukul 14.00 Wita, dimana para pendemo berjanji akan melakukan aksi yang lebih besar lagi dalam waktu dekat. "Kami akan datang dengan massa lebih banyak, hingga tuntutan kami didengan perusahaan dan pemerintah," teriak mereka melalui pengeras suara.

Aksi pelajar dan mahasiswa ini sempat membuat aparat kepolisian dan security kualahan karena mereka berorasi tepat di depan gate.

Sesekali pendemo terlibat aksi saling dorong dengan aparat saat kendaraan milik perusahaan hendak keluar masuk lokasi tambang.  (jay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com