Luar Biasa, 10 Desa Terpencil KSB Gunakan Informasi Berbasis Satelit - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 07 Maret 2017

Luar Biasa, 10 Desa Terpencil KSB Gunakan Informasi Berbasis Satelit

Saifullah, Kabid Informasi dan Komunikasi

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Sedikitnya 10 desa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Nusa Tenggara Barat,  menggunakan jaringan informasi berbasis satelit. Desa yang menggunakan tekhnologi itu di dominasi oleh daerah terpencil.

Desa-desa tersebut ialah, Rarak Ronges, Mataiyang, Klanir, Mantar, Bangkat Monteh, Moteng, Talonang, Tatar, Kiantar, Tatar dan Tua Nanga.

"Peralatan untuk jaringan tersambung dengan satelit, pengadaanya melalui APBD 2017  senilai kurang lebih Rp 16 juta," ujar Syaifullah, kepala bidang informasi dan komunikasi di Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskotikdansa Sumbawa Barat).

Ia berharap, bantuan tersebut dapat dimaksimalkan dengan baik terutama melaporkan profil desa via online ke Kementrian. Selain itu,  desa juga dapat mengangses keterbukaan informasi termasuk arah anggaran APBDes dan juga kegiatan desa.

"Kami minta bantuan ini tidak digunakan untuk membrowser hal-hal yang tidak penting. Karena kuota penggunanya hanya sebesar 3GB saja," ujarnya.

Adapun bentuk dari alat tersebut berupa parabola dan itu tersambung dengan satelit. Warga desa sekitar banyak yang meminta agar alat tersebut bisa berfungsi seperti Wifi.

"10 desa ini sebagai contoh saja. Desa lain kalau mau mengikuti, kami persilahkan. Tetapi, anggarannya melalui APBDes," terangnya. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com