Dua Warga Malaysia Diamankan Imigrasi - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 14 Maret 2017

Dua Warga Malaysia Diamankan Imigrasi

Drs. Syahrifullah

Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Sebanyak dua Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia berhasil diamankan oleh petugas Imigrasi Kelas II Sumbawa, belum lama ini.

Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan  Ham Republik Indonesia, Nusa Tenggara Barat melalui Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sumbawa, Drs. Syahrifullah mengatakan, dua WNA asal Malaysia ini diamankan di tempat yang berbeda. Satu orang di cokok di sebuah perusahaan sekitar Kecamatan Poto Tano karena tidak memiliki dokument. 

"Saat ini, yang bersangkutan sudah kita amankan di kantor," ujarnya saat di wawancarai usai melaksanakan ibadah shalat dzuhur di masjid agung darussalam, Selasa (14/3).

Pihak Kantor Imigrasi Kelas II Sumbawa akan berkoordinasi dengan Konsulat Malaysia yang ada di Jakarta. Apakah dia benar warga Malaysia atau bukan. Kalau benar, kami akan minta dokument agar dapat di pulangkan. 

"Jiia selama satu bulan konsulat tidak kunjung memberi jawaban, WNA itu di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) yang ada di Denpasar," terangnya. 

Sedangkan WNA yang satunya, tidak diamankan secara fisik. Tetapi, hanya disita paspornya.

"Ini tengah kami dalami. Kami panggil sponsornya dan pihak hotel Rantung tempat ia menginap," imbuhnya. 

Sebab, sambung Syahrifullah WNA yang diamankan paspornya itu tidak sesuai dengan ijin kedatangannya ke Indonesia. 

"Foto dan video laporan petugas, yang bersangkutan sedang bekerja. Karena tidak sesuai ijin, kami amankan paspornya," imbuhnya.

Disinggung mengenai langkah agar tidak ada WNA tanpa keterangan, pihaknya akan menempatkan petugas di wilayah pintu masuk yaitu Pelabuhan Poto Tano dan Pelabuhan Benete. 

"Enam bulan lagi, ini akan terealisasikan. Apalagi, ada penambahan personel untuk memperketat pengawasan WNA. Insya Allah, tidak ada lagi WNA Illegal yang masuk ke wilayah ini," terangnya. (jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com