Bangkai Paus Akhirnya Berhasil Dikubur - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Minggu, 19 Maret 2017

Bangkai Paus Akhirnya Berhasil Dikubur

Proses Penguburan Paus

Sumbawa Besar, (Sumbawakini)---Bangkai paus yang terdampar di Pulau Panjang, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, akhirnya berhasil dikubur.

Bangkai paus yang ditemukan mati Kamis (16/3) lalu ini,  berhasil ditanam di pesisir pantai labuhan Mapin, Alas Barat pada Minggu Sore.

Proses evakuasi bangkai ikan raksasa menuju bibir pantai terbilang rumit. Selama dua hari, paus jenis kotak ini gagal ditarik  walau menggunakan dua eskapator. Tali pengikat yang digunakan untuk menggeret selalu putus, hingga team gabungan yang melakukan evakuasi nyaris prustasi.

Namun, pada hari keempat, kerja keras team akhirnya membuahkan hasil. Tepat jam 14,30 Wita, bangkai paus ini berhasil ditarik kepinggir pantai.

Team kembali menemukan kendala.  Paus seberat lebih dari 10 ton ini, kesulitan dimasukkan kedalam kubur yang sudah dipersiapkan sejak dua hari lalu.

Tali yang dipergunakan untuk menarik bangkai sepanjang 17 meter ini,  berkali-kali putus karena tidak mampu menahan beban berat paus dengan lebar tubuh sepanjang 9 meter tersebut.

Tepat jam 17.00 Wita, bangkai paus tadi akhirnya berhasil ditanam setelah team meruba pola dengan cara menggali bibir pantai lebih dalam.

Upaya ini akhirnya membuahkan hasil. Warga yang memenuhi lokasi penguburan terlihat memberi aplus pada petugas ketika paus berhasil ditempatkan pada posisi yang diinginkan.


 


Dirmawan, Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbawa
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbawa, Dirmawan yang menyaksikan langsung proses penguburan paus mengaku puas dengan kerja team, yang berjibaku sejak empat hari lalu.

Kepada seluruh pihak yang membantu, Dirmawan mengucapkan banyak terima kasih. "Saya salut dengan kekompakan team dan masyarakat yang membantu proses evakuasi hingga penguburan," ujarnya. (cep)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com