Ratusan Lahan PertanianKSB Rusak Akibar Banjir - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Sabtu, 18 Februari 2017

Ratusan Lahan PertanianKSB Rusak Akibar Banjir


Sumbawa Barat, (Sumbawakini) -- Sekita 140.48 Hektar sawah milik petani di Kabupaten Sumbawa Barat dinyatakan rusak akibat banjir.

Hal tersebut dikatakan oleh Plt Kpala Dinas Pertanian Perkebunan Dan Peternakan, Marlin Hardi yang diwawancarai di ruang kerjanya.

Dikatakan Marlin, kejadian ini bukan disebabkan oleh serangan penyakit atau hama wereng, melainkan imbas dari banjir yang menerjang  KSB (1/2) lalu. Saat itu, air bah tidak hanya merendam pemukiman warga hingga melumpuhkan aktifitas pemerintahan, tetapi turut merendam 902.45 Ha sawah.

"Dari 902.45 Hektar  yang terendam, 140.48 Ha dikategori rusak akibat banjir itu," bebernya.

Lokasi kerusakan sendiri tidak terpusat, melainkan tersebar di beberapa kecamatan, antara lain, Kecamatan Taliwang terdapat 23.50 hektar, Seteluk  104.73, Brang Ene  1.55 dan terakhir Kecamatan Jereweh seluas 10.70 Hektar.

Kendati demikian, Pemkab Sumbawa Barat tidak lantas lepas tangan terkait hal ini. Bagi petani yang mengikuti Usaha Asuransi Tani Padi (AUTP), mereka bisa mengklaim asuransi tersebut . "Kalau yang tidak menjadi peserta asuransi ya jelas tidak bisa mengklaim, sehingga harus dicari solusinya," katanya.
 
Walau demikian, pemerintah tetap akan membantu petani yang padinya rusak akibat bencana alam banjir tersebut.  "Yang tidak punya asuransi tetap kami akan bantu," ujarnya.

Terkait masalah ini, Dinas Pertanian akan melaporkan kejadian ini ke bupati untuk mencari solusi bantuan seperti apa yang bisa di berikan kepada petani yang tidak memiliki asuransi.

Angka kerusakan padi puso belum final, sebab,  petugas dari dinas masih memantau perkembangan dan mendata semua wilayah terkait kondisi pertanian, kata mantan camat Taliwang. "Kami berharap, tidak ada lagi lahan padi yang rusak,"pintanya. (jon)

Marlin Hardi SP. MS.i Plt Kadis Pertanian, Perkebunan dan Peternakan KSB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com