Kemendikbud Ijinkan Lima Sekolah di KSB Laksanakan UNBK - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 14 Februari 2017

Kemendikbud Ijinkan Lima Sekolah di KSB Laksanakan UNBK

Wakil Bupati Fud Syaefuddin saat meninjau try out UNBK di SMPN 1 Taliwang

Sumbawa Barat (SumbawaKini) - Sebanyak lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sumbawa Barat mendapat ijin dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tanggal 2 Mei 2017 mendatang. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Drs Tajuddin, kepada media Selasa (14/2), mengatakan, pemerintah mengusulkan ke Pemda sebenarnya mengusulkan delapan sekolah untuk menjadi peserta UNBK dan satu sekolah di masing-masing kecamatan.

"Hanya lima sekolah yang mendapat rekomendasi yang di pertegas melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan. Tiga sekolah ditolak," ujarnya. 

Lima sekolah tersebut ialah, SMPN 1 Taliwang, SMP Buin Batu, SMPN 1 Maluk, SMPN 3 Taliwang dan MTsN Taliwang. Sedangkan tiga sekolah yang di tolak, pemerintah akan mengevaluasi dan mengecek segala kekurangannya. Yang jelas, ungkap Tajuddin, pemerintah berkomitment dan tetap mendorong agar tiga sekolah yang di tolak dapat menjadi bagian dari pelaksanaan UNBK. 

"Masih ada waktu untuk memperbaiki,mengejar dan melengkapi segala kekurangannya. Kalau memang sudah mendesak dan tidak bisa di ikutkan UNBK, maka tiga sekolah itu akan melaksanakan UN secara manual," katanya. 

Soal alasan adanya sekolah yang di terima dan sekolah yang di tolak untuk melaksanakan UNBK oleh Kementrian, Ia menjawab kementrian menilai melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik) masing-masing sekolah. 

"Ini yang menjadi pertimbangan adanya yang di terima dan di tolak. Apalagi Dapodik tiap sekolah langsung nyambung ke kementrian," katanya.

Dikpora sendiri, imbuh Tajuddin, telah mulai melaksanakan berbagai persiapan meski waktu pelaksanaan dari UN sendiri masih cukup lama. Pihaknya, sudah melaksanakan rapat koordinasi pemantapan dengan semua kepala sekolah membahas peralatan, tenaga dan juga jaringan termasuk ketersediaan listrik. Termasuk melaksanakan try out UNBK disejumlah sekolah.

"Sejak dini sudah kita bicara agar UN maupun UNBK tidak ada kendala," tandasnya.(Jhon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com