Hebat ! Pemda KSB Alokasikan Anggaran 25,6 Miliyar Khusus untuk Nelayan - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Senin, 27 Februari 2017

Hebat ! Pemda KSB Alokasikan Anggaran 25,6 Miliyar Khusus untuk Nelayan


Sumbawa Barat (SumbawaKini) - Pemerintah Daerah Sumbawa Barat (KSB), menyiapkan anggaran sebesar Rp 25,6 miliyar melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) di APBD tahun 2017 ini khusus untuk pemberdayaan nelayan.

"Pemberdayaan itu akan diberikan dalam bentuk bantuan berupa sampan dan juga mesin ketinting," ujar Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP, Noto Karyono, kepada SumbawaKini, Senin (27/2). 

Total jumlah bantuan yang akan diadakan melalui mekanisme tender itu, kata Noto sebanyak 943 unit. Terdiri dari sampan beserta mesin sebanyak 349 unit, sampan laut sebanyak 84 unit, sampan Lebo  282 unit dan mesin ketinting  128 unit

Menurutnya, Pemda sebenarnya menargetkan tahun 2017 bantuan sebanyak 1. 390 unit. Namun karena keterbatasan APBD, jumlahnya dikurangi. 

"Sisanya, 447 unit akan diusulkan di APBD 2018," timpal Noto. 

Dengan adanya bantuan sarana ini, sambung Noto, diharapkan bisa meningkatkan produktifitas, sehingga berpengaruh positif untuk perekonomian nelayan.

"Kita ingin entaskan kemiskinan pada sektor nelayan," imbuhnya lagi. 

Nelayan yang meneroma bantuan tersebut harus memiliki Kartu Bariri Nelayan, Kartu Nelayan dan membuka rekening tabungan di Bank BRI.

"Ini syarat wajib. Jika tidak, kemungkinan tidak bisa mendapatkan bantuan itu," pungkasnya.(JA)

1 komentar:

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com