Bupati Pertanyakan SOP Penanganan Air Asam Tambang PTAMNT - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 14 Februari 2017

Bupati Pertanyakan SOP Penanganan Air Asam Tambang PTAMNT

Bupati KSB, HW Musyafirin
Sumbawa Barat (SumbawaKini) - Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin,  menegaskan, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) harus mengklarifikasi kasus luapan air asam tambang yang belum lama ini terjadi hingga membuat sejumlah jenis ikan di aliran sungai Tongoloka dan Sejorong, Desa Tongo Kecamatan Sekongkang ditemukan mati.

"Besok (15/2), PT AMNT kami minta untuk menjelaskan prihal kenapa air asam tambang bisa meluap dan apa upaya penanganan yang akan mereka lakukan," ungkap Bupati, didampingi Wakil Bupati, Fud Syaifuddin, kepada SumbawaKini di Masjid Agung Darussalam, Selasa (14/2). 

Bupati menegaskan banyak hal yang akan di pertanyakan kepada management PTAMNT. Salah satunya, apakah Standar Opesional Prosedure (SOP) dalam keadaan darurat sudah di laksanakan ketika curah hujan tinggi sebagai antisipasi sebelum peristiwa itu terjadi. 

"Untuk mengetahui hasilnya, tentu harus ada investigasi. Oleh karena itu, pemanggilan terhadap PT AMNT bagian dari investigasi yang dilakukan pemda selain menurunkan tim untuk dapat menguji sampel air," beber Bupati.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Amir Husein, melalui Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup, Hermansyah menyatakan sampel air di beberapa titik pada daerah aliran sungai Dam Tongoloka dan Santong 3 sudah di ambil dan diuji di labolatorium Intertek - terakreditasi di Jakarta.

"Hasil uji sample air itu dua minggu kita bisa kantongi," ujarnya(Jhon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com