Ratusan Pengantin Meriahkan Festival Taliwang - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Kamis, 10 November 2016

Ratusan Pengantin Meriahkan Festival Taliwang





Sumbawa Barat (Sumbawakini)—Iring-iringan warga berbalut busana aneka warna menghiasi sepanjang jalan kota Taliwang Sumbawa Barat.   Ratusan pasang  mata penonton yang bejejer disepanjang  jalan,  sepertinya engan berkedip menyaksikan parade  budaya tana Samawa yang tengah digelar sore itu.

                                            oleh :  Acep S

Disamping kanan tratoar tempat aku berdiri, terdengar suara ibu muda memberikan support pada sepasang pengantin yang tengah melintas.  Rabu (09-11-2016) sore itu, sepertinya hari yang sudah lama dinanti ibu muda tadi. Payung putih berukuran tidak terlalu besar sesekali diputar oleh ibu muda berkerudung putih.  

Bak juri yang tengah memberikan penilaian, ibu muda tadi selalu memberikan komentar  setiap rombongan barisan yang melintas. “Semata kode balong,” ujar ibu muda tadi ketika melitas pasangan pengantin berpakaian adat samawa dengan warna kuning.

Berada di sekitar ibu muda yang begitu bersemangat tadi sunguh membuat suasana parade semakin hidup. Komentar-komentar yang ia lotarkan serasa sangat pas dengan peserta yang melintas. “Pakaian adat kita orang Sumbawa lebih bagus jika dibandingkan dengan pakaian modern yang dikenakan rombongan yang baru saja melintas,” ujar ibu muda tadi kepada teman disampingnya berdiri.

Warna warni pakaian peserta dengan berbagai motif dan asesorisnya sunguh menjadi daya tarik bagi setiap penton. Parade semacam ini tentunya sangat menghibur dan mendidik.  Kita jadi tahu corak ragam budaya Samawa yang sesungguhnya. Kita jadi sedikit paham bagaimana tata cara mengenakan pakaian adat samawa yang benar, prosesi adat iring pengantan tau samawa , dan budaya dari suku lainnya.  
     
Festival Taliwang tahun ini terbilang cukup meriah.  Peserta yang ikut serta dalam kegiatan itu tidak hanya berasal dari  kecamatan-kecamatan yang ada  di KSB.  Terlihat sejumlah peserta dari kabupaten/kota lain di NTB, dengan pakaian adat pegantin dari masing-masing suku ikut ambil bagian dalam festival memperingati 13 tahun berdirinya kabupaten Sumbawa Barat.

Festival ini semakin menarik dengan ikut sertanya karyawan-karyawati dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemda KSB.  Ada nuansa tersendiri yang ditampilkan oleh para pegawai pemerintah yang terlihat bangga dengan pakaian adat yang mereka kenakan.  “Aku bangga melihat pengantin berpakaian adat, seperti bangganya aku menjadi warga KSB,” ujar ibu muda yang berdiri disamping tratoar depan pertokoan kota Taliwang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com