Puluhan Arsitek Terbaik Dunia Bangun Eartship di Pulau Kenawa - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Senin, 14 November 2016

Puluhan Arsitek Terbaik Dunia Bangun Eartship di Pulau Kenawa


Pulau Kenawa
Sumbawa Barat (SumbawaKini) - Sebanyak enam puluh orang konsultan aksitektur terbaik dari seluruh belahan dunia, saat ini tengah berkumpul dan membangun sebuah bangunan hunian dengan konsep ramah lingkungan (eartship) di Pulau Kenawa, Kecamatan Poto Tano, Sumbawa Barat. 

Para arsitek tersebut berasal dari Amerika Serikat, Italia, Spanyol, Portugal, Inggris, Swedia, Qatar, Arab Saudy, Australia, Swedia, juga Meksiko. Mereka akan berada di Pulau Kenawa selama dua bulan kedepan untuk mengikuti kegiatan pelatihan (ground breaking) pembangunan earthship (bangunan ramah lingkungan) yang dipimpin langsung oleh Michael E. Reynolds (Mike Reynolds) konsultan arsitektur berkebangsaan Meksiko yang merupakan konsultan terbaik dunia bidang infrastruktur ramah lingkungan dan listrik tenaga surya.  

Bupati HW Musyafirin bersama Mike Reynolds melaksanakan
penimbunan perdana pondasi bangunan ramah lingkungan 
Bangunan ramah lingkungan itu merupakan yang kedua di bangun di Dunia. Bangunan ramah lingkungan pertama yang dibangun Mike Reynolds berada di New Mexico. Uniknya 90 persen bahan baku yang digunakan merupakan bahan bekas, seperti botol plastik, ban bekas mobil, dan beragam barang limbah lain dengan menerapkan tekhnologi konstruksi yang berbeda dari umumnya. 

Mike Reynolds,  pada acara pembukaan kegiatan yang dilaksanakan di Pulau Kenawa Senin siang (14/11), mengatakan,pembangunan hunian ramah lingkungan itu akan berlangsung selama empat minggu. Keunggulan lain dari bangunan tersebut, tanpa  perangkat air condisioner (AC), suhu ruangan dalam bangunan bisa tetap bertahan pada angka 18 derajat celcius, meski suhu rata-rata di pulau Kenawa mencapai 32-35 derajat celcius.

"Bangunan ini nantinya akan menjadi hunian yang sehat dan tidak akan menghasilkan limbah dan sampah, sehingga tidak akan membawa pengaruh buruk terhadap ekologi di pulau ini," ujar pria berambut gondrong itu, sembari mengundang pemerintah daerah dan masyarakat untuk datang kembali pada empat minggu kedepan untuk melihat langsung bangunan tersebut.

Foto bersama Bupati, Wakil Bupati, Pimpinan DPRD
dan Mike Reynolds
Mike menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Sumbawa Barat yang telah mengijinkan dan menerima dengan baik dirinya bersama puluhan arsitek lain untuk melaksanakan pelatihan di Pulau Kenawa. Ia juga mengapresiasi PT Gili Kenawa Resort (ESL Group), yang telah menginisiasi pelaksanaan pelatihan itu. 

"Kami berterimakasih dan mengharapkan dukungan pemerintah daerah dan masyarakat selama kegiatan ini berlangsung," katanya. 

Jhon Higson, Direktur PT Eco Solution Lombok (PTESL), perusahaan pemegang ijin pengelolaan Gili Balu' (gugusan delapan pulau kecil di Selat Alas, termasuk Kenawa), mengatakan kegiatan pelatihan tersebut merupakan awal dari proyek pengelolaan Gili Balu', sebagai kawasan eco wisata terpadu. 

"Kegiatan ini merupakan wujud komitmen investasi ESL dalam hal pengelolaan pariwisata ramah lingkungan. Kami berterimakasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat Sumbawa Barat yang terus memberikan dukungan," ucapnya.

Peserta ground breaking dari Amerika memperlihatkan
gambar eartship yang akan dibangun
Sementara Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin, mengapresiasi kegiatan yang dinisiasi ESL itu dan menyatakan Pemerintah Daerah berkomitmen untuk mendukung investasi dalam upaya percepatan pembangunan bidang pariwisata khususnya di Pulau Kenawa dan Gili Balu'. 

Moment pelatihan yang diikuti oleh puluhan arsitek dari seluruh dunia itu, kata Bupati, merupakan kesempatan yang sangat baik untuk memperkenalkan Pulau Kenawa serta potensi wisata dan investasi lainnya di Sumbawa Barat ke seluruh dunia. 

"Saya minta kepada seluruh masyarakat, termasuk insan pers, mari bersama-sama kita dukung kegiatan ini,".  

"Secara khusus kami pemerintah daerah dan masyarakat, menyampaikan terimakasih kepada Mike Reynolds. Kedatangan beliau kesini selain untuk pelatihan, sekaligus menjadi ajang promosi bagi wisata Pulau Kenawa maupun Sumbawa Barat umumnya," ujar Bupati sembari menyampaikan selamat datang kepada seluruh konsultan arsitektur yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.(EZ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com