60 Arsitek Terbaik Dunia akan Berkumpul di Pulau Kenawa - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Jumat, 11 November 2016

60 Arsitek Terbaik Dunia akan Berkumpul di Pulau Kenawa

Pulau Kenawa

Sumbawa Barat (SumbawaKini) - Sebanyak 60 orang konsultan arsitektur terbaik dari seluruh dunia akan berkumpul di Pulau Kenawa, Kecamatan Poto Tano, Sumbawa Barat, mulai Senin (14/11) mendatang, untuk mengikuti pelatihan (ground breaking) earthship (bangunan ramah lingkungan). 

Para arsitek tersebut akan berada di Kenawa selama dua bulan kedepan. Kegiatan itu sekaligus menjadi titik awal dimulainya proyek pengelolaan Gili Balu' (delapan gugusan pulau kecil di Selat Alas, termasuk Kenawa), sebagai kawasan eco wisata terpadu. 

Kabid Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbawa Barat, Mars Anugerahinsyah, mengatakan proyek yang bersifat investasi penuh itu akan dimulai dari pengembangan dan pembangunan di Pulau Kenawa sebagai destinasi wisata ramah lingkungan oleh PT Gili Kenawa Resort. 

"Para konsultan yang hadir nanti berasal dari sejumlah negara maju, seperti Inggris, Amerika, Spanyol, Qatar, Arab Saudy juga Meksiko. 4 orang sudah tiba di KSB dan 56 orang lainnya akan tiba hari minggu (13/11). Mereka akan mengikuti pelatihan selama dua bulan di Kenawa," ungkap Mars. 

Para konsultan arsitektur terbaik dunia itu, selama di Kenawa akan mengikuti pelatihan dan pemaparan dari Michael E. Reynolds  (Mike Reynolds), konsultan berkebangsaan Meksiko yang merupakan konsultan terbaik dunia bidang infrastruktur ramah lingkungan dan listrik tenaga surya. Mereka juga akan melaksanakan praktek lapangan selama pelatihan berlangsung.

"Kedatangan kali ini ke Pulau Kenawa, merupakan yang kedua bagi Mike Reynolds. Ia mengakui bersedia datang kembali dan berbagi ilmunya kepada Konsultan lain dari seluruh dunia karena Ia mencintai Pulau Kenawa sejak pertama kali menginjakkan kaki di pulau tersebut," ungkap Mars. 

HW. Musyafirin
Sementara itu Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin, menyatakan, kegiatan berskala internasional yang diinisiasi oleh PT Eco Solution Lombok (ESL - Investor yang akan mengelola Gili Balu'), tidak semata untuk pelatihan, tetapi lebih dari itu merupakan moment untuk memperkenalkan Pulau Kenawa dan KSB ke seluruh Dunia. 

"Beberapa hari lalu saya sempat berkunjung ke Plaza Indonesia di Jakarta, disudut-sudut terpasang posterpulau Kenawa juga Rinjani. Saya fikir ini harus di back up dan ini juga cikal bakal yang baik bagi kita untuk mewujudkan investasi untuk memberikan azas manfaat bagi daerah," katanya, kepada SumbawaKini, jum'at (11/11).

Selain mengikuti pelatihan di Pulau Kenawa para konsultan itu juga akan mengunjungi sejumlah tempat lain selama berada di Sumbawa Barat. Bupati mengharapkan masyarakat untuk ambil bagian dalam rangka menciptakan kondusifitas daerah dan memberikan pelayanan yang baik bagi wisatawan dan tamu lainnya yang datang ke daerah ini.

"Ini juga kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan potensi-potensi lain yang ada di KSB," demikian Bupati.

Pulau Kenawa merupakan salah satu dari delapan pulau kecil yang masuk dalam gugusan Gili Balu. Kenawa selain dikenal dengan pantai berpasir putih dan padang rumput yang indah dan  eksotis, juga dikenal dengan pemandangan bawah lautnya yang sangat indah.(EZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com