Horee !!! Jalan Baru Menuju Mantar Sudah Dikerjakan - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 11 Oktober 2016

Horee !!! Jalan Baru Menuju Mantar Sudah Dikerjakan



ruas jalan baru menuju Mantar yang sedang dibangun

Sumbawa Barat (SumbawaKini) - Pemerintah Daerah Sumbawa Barat merealisasikan pembangunan jalan baru untuk mempermudah akses menuju Desa Mantar Kecamatan Poto Tano. 

Saat ini jalan menuju desa budaya yang terletak 620 meter diatas permukaan laut (MDPL) itu telah sampai pada tahap pengerasan. Ruas jalan sepanjang empat kilo meter itu berawal dari pantai Segena yang selama ini menjadi lokasi mendarat atlet para layang yang take off dari puncak Mantar. 

Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Sumbawa Barat, Deden Zaidul Bahri, mengatakan pembangunan jalan baru tersebut tidak hanya akan mempermudah akses masyarakat menuju Mantar, tetapi lebih dari itu akan menjadi salah satu solusi untuk pengembangan Mantar sebagai destinasi wisata andalan Sumbawa Barat.
Ketua KONI KSB di jalan baru menuju mantar

"Panjang ruas jalan baru ini lebih pendek dua kilometer dari jalan yabg ada sekarang dan jauh lebih landai (tanoa tanjakan curam). Sehingga waktu tempuh juga akan lebih singkat," kata Deden, disela-sela kunjungan ke lokasi jalan baru Mantar, Selasa (11/10).

Deden menyatakan apresiasi tinggi atas komitmen Pemda Sumbawa Barat yang telah merealisasikan penganggaran di APBD dan  pembangunan jalan baru tersebut. Keberadaannya, kata dia, selain akan menunjang perekonomian dan arus transportasi masyarakat juga akan mempermudah penyelenggaraan event-event budaya maupun olahraga berskala nasional maupun internasional yang secara tidak langsung akan membuat Mantar lebih dikenal. 

"Selama ini kendala atlet dalam kejuaraan para layang di Mantar adalah akses dari tempat mendarat menuju lokasi take off. Sekarang itu sudah tidak ada dan kita akan lebih percaya diri untuk menggelar event berskala lebih besar," imbuh Deden.

Desa Mantar selain dikenal sebagai Desa Budaya, juga dikenal sebagai lokasi olahraga para layang kelas dunia karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Selain keunikan adat istiadat masyarakat setempat, pengunjung juga ajan disuguhkan dengan pemandangan eksotis puncak Gunung Rinjani di Pulau Lombok dan keindahan samudera biru serta pulau-pulau kecil di Selat Alas.

Awal September lalu, Mantar menjadi lokasi Kejuaraan Nasional para layang Trip of Indonesia (TRoI) Seri III. Kejurnas itu merupakan untuk kedua kalinya Mantar dipercaya sebagai tuan rumah.

Sejumlah atlet nasional dan Dunia yang ambil bagian dalam event tersebut bahkan menyamakan Mantar dengan Oludeniz, lokasi para layang paling tersohor di dunia yang berada di Turki. (EZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com