RSUD Assyfa Masih Kekurangan Alkes Pendeteksi Penyakit - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Minggu, 04 September 2016

RSUD Assyfa Masih Kekurangan Alkes Pendeteksi Penyakit

RSUD Assyfa KSB
Sumbawa Barat (SumbawaKini) - Management Rumah Sakit Umum Asyifa Sumbawa Barat mengakui masih kekurangan Alat Kesehatan (Alkes) untuk dapat mendeteksi penyakit baru.
Itu menyusul banyaknya pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit lain yang memiliki alat kesehatan lebih lengkap.

“Kita memang kita masih kekurangan alat untuk melayani penyakit khusus. Alat untuk deteksi penyakit tertentu tersebut hanya di miliki oleh beberapa Rumah Sakit saja,” ujar Kepala Seksi Pelayanan Media RSUD Assyifa Sumbawa Barat, Elisawati, Minggu (4/9).

Menurutnya, keterbatasan alat deteksi itu juga mempengaruhi kinerja Dokter Spesialis yang jumlahnya sudah cukup banyak di RSUD Assyfa. Dalam prakteknya, dokter spesialis kerap mendeteksi penyakit ‘baru’ pada pasien yang dirawat.
"Tetapi jenis penyakit itu sulit ditentukan karena keterbatasan alat,” timpalnya.

Menyikapi persoalan itu dan sebagai upaya memenuhi standar pelayanan kepada masyarakat, pihak RSUD, kata Elisawati, telah mengirimkan usulan ke  Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan bantual alat medis yang memadai. Salah satu yang di usulkan tersebut adalah alat deteksi penyakit TBC dan alat medis untuk cuci darah.

“Untuk alat medis cuci darah sudah disetujui dan akan segera datang. Sementara untuk alat medis pendeteksi TBC kami harapkan segera terealisasi,” katanya.(AS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com