Fahri: Calon Kepala Daerah Harus Bersih dari Hukuman Pidana - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 13 September 2016

Fahri: Calon Kepala Daerah Harus Bersih dari Hukuman Pidana

Jakarta (Sumbawakini) – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai bahwa calon kepala daerah di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017, harus orang yang tak memiliki masalah hukuman pidana atau terpidana.
Menurut dia, seseorang yang mendaftarkan diri seharusnya bersih dari urusan pribadi agar saat terpilih nanti tak menggunakan kekuasaannya untuk membersihkan masalahnya tersebut.
"Ini persoalan hukum, nanti dia menggunakan ekspektasi besarnya (jabatan) untuk menutup kasusnya," kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2016).
Fahri menambahkan, dirinya tak setuju bila seorang calon kepala daerah menyandang status tersangka atau terpidana sehingga membuat beban tidak hanya bagi masyarakat yang memilih tetapi juga si calon tersebut.
"Kalau pencalonan enggak boleh beban, apalagi sudah jadi tersangka, pernah ditahan. Enggak setuju, harus bersih kecuali kalau hanya jadi saksi. Kalau sudah jadi tersangka selayaknya gugur pencalonan," ucap Fahri
Aturan yang menyinggung masalah pencalonan tercantum pada Pasal 7 Ayat (2) Huruf g UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah.
Aturan tersebut mengatur, setiap warga negara dapat mengajukan diri sebagai calon kepala daerah di pilkada selama ia tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, atau bagi mantan terpidana telah secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik bahwa ia mantan terpidana. (Sk-oke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com