Bupati : Peningkatan Produktifitas Pertanian Butuh Sinergi - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Kamis, 08 September 2016

Bupati : Peningkatan Produktifitas Pertanian Butuh Sinergi

Bupati berfoto usai mencoba alat panen padi modern di Lahan Kelompok Tani Kuang Belo, Desa Sermong (8/9)

Sumbawa Barat (SumbawaKini) – Pemerintah Daerah Sumbawa Barat, mengajak Kepolisian melalui Babinkamtibmas dan TNI melalui Babinsa di setiap desa untuk kembali bersinergi dalam program peningkatan produktifitas Pertanian. Sebelumnya Babinsa telah terlibat aktif dalam menyukseskan program Upaya Khusus (Upsus) swasembada padi, jagung dan kedelai (Pajele) pada tahun 2014 – 2015.

Bupati didampingi Wabup dan Ketua DPRD
“Mulai tahun 2016 ini, kita akan melibatkan juga Babinkamtibmas Kepolisian untuk bersinergi bersama pemerintah daerah, masyarakat dan Babinsa dalam program Upsus swasembada pangan. Dan itu bisa dilakukan karena sebelumnya Babinsa dan Babinkamtibmas juga terlibat dalam program daerah pemberdayaan gotong royong (PDPGR),” ujar bupati, dalam sambutannya pada acara Gelar Teknologi Penanaman Padi Sistem Tanam Benih Langsung (TABELA) di lahan Kelompok Tani Kuang Belo, Desa Sermong, Kecamatan Taliwang, Kamis (8/9).



Bupati menyatakan, sinergi antara pemerintah daerah, masyarakat, Babinsa dan Babinkamtibmas tidak hanya dilakukan dalam upaya pemberantasan kemiskinan melalui program jambanisasi yang telah tuntas maupun program bedah rumah yang akan segera dilaksanakan. Gotong royong yang menjadi semangat dasar dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2016 tentang PDPGR, katanya, juga akan diterapkan  disemua lini pembangunan.

“Peningkatan produktifitas pertanian yang muaranya untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan petani juga masuk dalam PDPGR. Dan itu membutuhkan sinergi yang kuat antara pemerintah daerah, agen, masyarakat, Babinsa juga Babinkamtibmas. Ini upaya kita untuk mengembangkan sektor hulu yang selama ini menjadi sumber pencaharian sebagian besar masyarakat,” urai Bupati.



Pada kesempatan tersebut, Bupati dihadapan para anggota kelompok tani dan masyarakat yang hadir, juga menyampaikan komitmen Pemerintah Daerah untuk pemenuhan kebutuhan petani, mulai dari alat pengolahan lahan, bibit, pupuk, hingga pendampingan oleh tenaga penyuluh untuk memastikan produktifitas dari usaha pertanian yang dilakukan.

“Apapun yang menjadi kebutuhan petani untuk meningkatkan produktifitas dan mengembangkan luas areal tanam dan lain-lain tetap akan diberikan,” janji bupati.



Pada kesempatan tersebut, bupati yang didampingi Wakil Bupati Fud Syaefuddin, Kapolres, Ketua DPRD dan sejumlah pejabat lainnya, sempat mencoba melakukan panen padi menggunakan alat panen modern combine harvester pada lahan sawah irigasi terbatas milik kelompok tani Kuang Belo.(IYK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com