APBN Intervensi 2,7 Miliar untuk Pengembangan Jaringan PDAM - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Sabtu, 03 September 2016

APBN Intervensi 2,7 Miliar untuk Pengembangan Jaringan PDAM

Bambang ST, Dirut PDAM KSB
Sumbawa Barat (SumbawaKini) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sumbawa Barat, kembali berhasil mendapatkan bantuan yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) melalui Kementeri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPera) senilai Rp 2,7 miliar. 

Dirut PDAM Sumbawa Barat, Bambang ST, menyatakan bantuan tersebut saat ini sedang dalam proses tender di Kementerian PUPera.
“Bantuan itu untuk pembangunan jaringan induk dan tersier di Desa Kalimantong, Lampok dan Mura Loka Kecamatan Brang Ene,” ujar Bambang, Sabtu (3/9).

Ia menjelaskan pembangunan jaringan itu merupakan solusi untuk ketersediaan air bersih bagi masyarakat berpendapatan rendah (MBR). MBR akan mendapatkan sambungan jaringan secara gratis. “jaringan ini akan beroperasi mulai tahun 2017 dengan target menjangkau 1.000 pelanggan,” imbuh Bambang.

Program penuntasan persoalan air bersih bagi MBR yang dilaksanakan PDAM Sumbawa Barat telah berlangsung sejak 2015. Jumlah sasaran program saat itu 1.500 MBR, tahun 2016 sebanyak 2.000 MBR. Program itu dialokasikan disemua wilayah kecamatan, termasuk daerah pesisir.  “Semua wilayah pesisir sudah terjangkau jaringan, cuma masih ada MBR yang belum terakomodir dan akan terus kami upayakan,” katanya.

Selain bantuan tersebut, PDAM KSB juga mendapat bantuan dua unit mobil tanki air dari Kementerian PUPera. Kendaraan tersebut akan digunakan untuk suplai air ke daerah rawan dan masyarakat yang belum terjangkau jaringan. “Keberadaan mobil tangki ini akan mempermudah suplai air ke masyarakat di daerah yang membutuhkan air bersih,” sebutnya.

Tahun 2016 ini, PDAM, sambung Bambang, juga mendapat bantuan APBD Provinsi NTB senilai Rp 1,5 miliar untuk pengembangan jaringan diwilayah ibu kota kecamatan. “Bantuan dari APBD NTB itu bersamaan dengan bantuan dari APBN. Dalam bulan oktober mendatang sudah dikerjakan,” demikian Bambang.(EZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com