Terkait ADD, Inspektorat Bina Desa Menggelola anggaran - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Sabtu, 20 Agustus 2016

Terkait ADD, Inspektorat Bina Desa Menggelola anggaran




Taliwang,SumbawaKini.com--Pengelolaan keuangan desa dari Alokasi Dana Desa ( ADD ) dan   Dana Desa ( DD ) dari pemerintah PUSAT ternyata masih menyisakan masalah.
Pasalnya,  disemua desa masih terjadi kesalahan dalam proses pengelolaan, penggunaan dan penyusunan laporan keuangan desa. Untuk itu, Inspektorat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan melakukan pembinaan kepada seluruh desa di KSB secara intensif.

Inspektur Inspektorat KSB Ir.H. Mauludin,M.Si, kepada media menyebukan, persoalan ini muncul setelah pihaknya melakukan pemeriksaan reguler terhadap semua Desa.
"Itu sesuai hasil pemeriksanaan reguler terhadap pelaksanaan dan pengunaan keuagan desa, dimana ditemukan sejumlah permasalahan dalam penyusunan laporan administrasi pengunaan keuangan desa." ungkapnya

Untuk meminimalisir permasalahan yang terjadi di tingkat administrasi desa menurut Mauludin, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap desa.
Pihaknyapun  mengakui menerima laporan pengaduan dari masyarakat soal penyelewengan dana desa oleh oknum kepala desa.
"Kalau laporan masyarakat kami langsung tindaklanjuti dengan melakukan Pemeriksaan Khusus (Riksus), ujarnya.
Tapi setelah kami lakukan riksus belum ditemukan pelanggaran keuangan,  hanya kesalahan administasi saja.  Untuk itu, pihaknya akan memberikan pembinaan khusus kepada desa yang dianggap masih belum bisa mengelolah keuangan desa dengan benar.
Selama ini, sambungnya, pembinaan diupayakan menyasar semua desa yang ada di KSB. Meski demikian, pihaknya tidak memungkiri bahwa untuk melakukan pembinaan kepada semua desa belum bisa dilakukan karena kuranganya tenaga auditor.
 
"Saat inikita hanya memiliki sekitar enam tenaga auditor yang bertugas melakukan pembinaan ke desa. Tentu tenaga tersebut tidak sebanding dengan jumlah desa yang harus kita layani untuk  pembinaan ," akunya.
Dalam kondisi tenaga yang minim,  pihaknya akan menyiasati dengan memprioritaskan pembinaan satu desa  disetiap kecmatan sebagai desa binaan.
Desa yang telah dibina, nantinya akan menjadi rujukan  bagi desa lainnya di kecamatan tersebut  "Kami akan bina administrasi keuangan satu desa disetiap kecamatan, nantinya desa tersebut akan menjadi rujukan bagi desa lainnya di Kecamatan tersebut,”  tandasnya.
 
Kebijakan dalam pembinaan administrasi desa sangat  penting karena  anggaran yang diterima setiap tahun meningkat.
Untuk Tahun anggaran 2017 mendatang, masing-masing desa diperkirakan mendapat dukungan anggaran diatas Rp 1 Miliar lebih. Itu Artinya, pemerintah desa beserta aparatur, harus dipersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), yang mampu mengelola anggaran.
"Yang jelas, kalau SDMnya sudah kita latih dan Bina untuk mengelola keuangan desa, maka pasti administrasi keungan akan baik, otomatis hasil pembangunan tertata dengan baik pula,"  tandasnya. (SK_bdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com