Songsong Pilkades Serentak, Polisi Petakan Potensi Rawan - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 23 Agustus 2016

Songsong Pilkades Serentak, Polisi Petakan Potensi Rawan

Sumbawa Barat (SumbawaKini) -  Kepolisian Resor (Polres) Sumbawa Barat mulai melaksanakan pemetaan potensi kerawanan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang direncakan pada bulan Oktober 2016 mendatang.

Kompol. N. Martawan
Kepala Bagian Operasi Kepolisian Resort Sumbawa Barat, Kompol I Nengah Martawan, mengatakan pemetaan potensi tersebut penting untuk meminimalisir tindak kriminalitas dan konflik antar pendukung Bakal Calon Kepala Desa.

"Kami terlebih dahulu mendata potensi jumlah Bakal Calon yang akan maju dalam Pilkades serentak, termasuk bio data resmi bakal calon. Itu untuk mempermudah kami berkordinasi " ungkapnya kepada SumbawaKini  Mapolres KSB, Selasa.
Soal hasil pemetaan, Martawan menyatakan belum bisa dipublikasikan. Yang pasti saat ini pihaknya masih dalam proses pendataan bakal calon yang akan ikut serta dari 16 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak. "Kita juga telah melakukan pemetaan dengan membagi zona sesuai tingkat potensi kerawanan keamanan di masing-masing desa," ucapnya.

Selain itu, sambung Martawan, Polres Sumbawa Barat juga berencana mengundang seluruh bakal calon kepala desa untuk menyamakan persepsi dan komitmen dalam menciptakan suasana kondusif selama proses Pilkades serentak berjalan. "Komitmen bersama ini juga penting guna menjami Pikades berjalan lancar dan aman. Dengan demikian hasilnya juga akan baik," imbuhnya.

Meski mengakui hingga sekarang, belum ada koordinasi dari Pemerintah Daerah terkait pelaksanaan Pilkades serentak, namun Martawan menegaskan bahwa Kepolisian kapanpun untuk melakukan pengamanan. "Ini adalah bagian dari tanggungjawab Polri dalam menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah. jadi kami selalu siap," tandasnya.(AS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com