Pemilihan Ketua Osis SMA Diawasi KPU - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 09 Agustus 2016

Pemilihan Ketua Osis SMA Diawasi KPU



Taliwang, Sumbawakini.com - Pasca  suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak beberapa bulan lalu,  aktifitas para komisioner  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumbawa Barat bukannya berkurang. Mereka justru memiliki beban pekerjaan yang semakin banyak.

Tidak hanya menjadi panitia penyelenggara pemilihan Presiden, Kepala daerah dan pemilihan legislative. Lembaga satu ini justru memperluas fungsi dan tugasnya sebagai penyelenggara  pemilihan pengurus organisasi hingga ketingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Seperti yang terjadi di SMA 1 Taliwang Sumbawa Barat.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA 1 Taliwang ini, pelaksanaanya  diawasai langsung oleh KPUD KSB.

Apakah KPU kurang kerjaan ?,  Ketua KPU Sumbawa Barat , Khairuddin, SE melalui Devisi Sosialisasi SDM dan Pendidikan Pemilu, Supriadi S.Pd, dengan wajah tersenyum  menjelaskan  keberadaan KPUD sebagai pengawas pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS sebagai bentuk  miniatur Pilkada, karena proses dan tahapan yang dilakukan dalam pemilihan kepengurusan organisasi sekolah tidak jauh berbeda dengan  Pilkada yang lalu.

"Ini merupakan pendidikan demokrasi pada pemilih pemula. Tahapan-tahapan pada pemilihan ini mengacu ke tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati " ungkapnya kemarin di ruang kerjanya.
Dijelaskannya,  proses dan tahapan yang dilakukan tersebut dimulai dengan Verifikasi DPT, pendaftaran calon, verifikasi calon, ditetapkan sebagai calon tetap lengkap dengan visi misi, ada timses masing-masing calon, ada sesi kampanye dan debat calon , pemungutan dan perhitungan suara sampai pada proses penetapan calon.

" semua tahapan tersebut kami dampingi sampai dengan penetapan calon. Ini adalah bentuk dari sebuah proses pendidikan pemilu kepada generasi muda terutama kalangan pelajar, "katanya.

Lebih Lanjut Supriadi, dalam proses pemilihan tersebut, pihak sekolah sangat mendukung apa yang dilakukan oleh KPU dalam pendampingan sehingga proses pemilihan benar-benar berjalan  demokratis.  " Yang  jelas pada prinsipnya kami ( KPU .red ) hanya mendamping sambil memberi pembelajaran pemilu kepada para siswa,” sebutnya. 

Dengan pembelajaran seperti ini kita berharap para siswa  menjadi pemilih cerdas yang mengedepankan kredibilitas calon,  dan proses pendampingan ini dimaksudkan sebagai bagian dari transformasi demokrasi yang jujur dan adil. " demikian Supriadi. (SK-Dbi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com