Pemda Siapkan Bidang Khusus Urusi Pemakaman - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Senin, 29 Agustus 2016

Pemda Siapkan Bidang Khusus Urusi Pemakaman

Tempat Pemakaman Umum
Sumbawa Barat (SumbawaKini) – Pemerintah Daerah Sumbawa Barat, sedang mempersiapkan bidang khusus yang akan mengurusi masalah pemakaman dan kepahlawanan pada Dinas Sosial yang saat ini Rancangan Peraturan Daerah (Perda)-nya sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) baru sedang dibahas di DPRD.

Kabid Sosial, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Sumbawa Barat, Manurung, kepada SumbawaKini senin (29/8), menyatakan sesuai hasil kajian, Dinas Sosial yang akan dibentuk di KSB masuk dalam tipe A dengan jumlah bidang maksimal sebanyak empat bidang. Dari empat bidang tersebut Bupati menginginkan ada bidang khusus yang mengurusi masalah pemakaman dan kepahlawanan. "Itu yang sekarang sedang dikaji di bagian organisasi,” ujar Manurung.

Ia menjelaskan, di daerah-daerah lain, masalah pemakaman bahkan sudah dibentuk dinas/instansi tersendiri karena banyaknya persoalan menyangkut pemakaman umum yang selama ini terjadi di masyarakat. Mulai dari persoalan lahan pemakaman yang diklaim pihak tertentu, pemakaman umum yang sudah over kapasitas dan harus dicarikan lokasi baru, sampai masalah jenazah tanpa identitas dan keluarga.
“Sering terjadi ketika ada jenazah tanpa identitas dan keluarga, masyarakat yang kebingungan untuk pengurusannya. Jadi ketika ada bidang khusus yang mengurusi itu, pemerintah bisa mengambil tindakan. Demikian pula dengan lokasi pemakaman menyangkut persoalan lahan serta fasilitas pendukung lain seperti mobil jenazah akan diurusi oleh bidang ini,” sebutnya.

Sementara untuk kepahlawanan, dengan adanya seksi khusus yang membidangi masalah itu, Pemerintah Daerah bisa lebih maksimal melaksanakan upaya menggali data, melakukan pengkajian / penelitian terhadap sejarah kepahlawanan sekaligus menginventarisir keberadaan tokoh yang layak mendapat predikat sebagai pahlawan di daerah. “Ini sekaligus wujud dari kepedulian dan  penghormatan daerah bagi pahlawan,” demikian Manurung.(EZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com